Adobe Flash Tutup Usia di 2021

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 01 Januari 2021
Adobe Flash Tutup Usia di 2021
Adobe Flash akan hentikan pelayanan program mulai dari 2021. (Foto: Adobe)

ADOBE sudah menjadwalkan akhir dukungan software yang paling terkenal, Flash pada 31 Desember 2020. 1 Januari 2021 akan menjadi awal dari penghentian semua aplikasi yang menggunakan program Adobe Flash pada browser ternama.

Dilansir dari laman The Verge, program yang kerap dikenal sebagai salah satu sarana media terbaik di zamannya, yakni Adobe Flash telah merencanakan penghentian program sejak 2015.

Baca juga:

Adobe Hadirkan Photoshop Camera untuk Android dan iOS

Hal ini dikarenakan program yang terbilang lawas, serta Adobe telah menyarankan para developer ataupun konsumen untuk beralih ke HTML5. Secara resmi pengumuman penghentian Adobe Flash dilontarkan pada 2017.

Adobe Flash menjadi sarana multimedia terbaik sejak 90-an. (Foto: Tech Raptor)

Program Adobe Flash memiliki jam terbang dua dekade lebih (sebelumnya Macromedia). Apabila program ini dihentikan, besar kemungkinan beberapa media lawas seperti animasi, dan game yang menggunakan Adobe Flash tidak bisa digunakan mulai dari 2021.

Di sejarahnya, 'kakak' Adobe Flash, Macromedia membuat beberapa situs resmi di internet menjadi lebih interaktif serta presentatif. Di antaranya laman MSN, laman resmi The Simpsons, serta Disney Daily Blast oleh perusahaan The Walt Disney Company.

Baca juga:

Twitter Awasi Ketat Tweet Tentang 5G dan COVID-19, Ini Alasannya

Apalagi program ini juga menjadi program yang mudah untuk membuat suatu animasi singkat, hingga film animasi dengan durasi yang cukup panjang. Berdasar pada gambar dan keyframe, Adobe Flash membuat para penggunanya mampu membuat sebuah animasi dengan antarmuka yang sederhana.

Adobe Flash juga menjadi suatu sarana pembelajaran di beberapa sekolah kelas menengah hingga atas, dan kampus yang mempelajari multimedia serta komputer dasar.

Tapi tenang saja, sebagai alternatif Adobe telah membuat Adobe Animate sebagai pembelajaran pembuatan animasi berbasis vektor untuk membuat iklan, game, ataupun aplikasi situs layaknya Adobe Flash. Untuk dapat bertahan di sistem operasi dan internet, konten Adobe Animate yang dibuat bisa diekspor secara native menjadi format HTML5 sebagai publikasi secara personal dan komersil.

Tentu banyak kenangan yang akan terkubur dan tidak bisa diakses kembali. Seperti laman Newgrounds yang menjadi sarana para animator awam dunia, dan laman platform game di media sosial yang masih menggunakan Adobe Flash. (dnz)

Baca juga:

Apple Akan Hadirkan Fitur Rekam Panggilan Telepon?

#Teknologi #Adobe
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan