Adnan Buyung Nasution, Sang Pendekar Hukum dan HAM

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 23 September 2015
Adnan Buyung Nasution, Sang Pendekar Hukum dan HAM
Adnan Buyung Nasution (Foto Antara)

MerahPutih, Peristiwa-Adnan Buyung Nasution telah berpulang ke Rahmatullah pada Rabu (23/9). Semasa hidupnya dia dikenal sebagai pendekar hukum dan HAM.  

Pria kelahiran Jakarta, 20 Juli 1934 ini dikenal sebagai sosok yang tangguh. Putra pasangan R. Rachmat Nasution dan Ramlah Dougur ini pernah ikut mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan pernah menjadi anggota DPR/MPR. Ia juga pernah menjadi jaksa sebelum berkarier sebagai pengacara hingga akhir hayatnya. 

Semasa hidupnya, Adnan Buyung Nasution dikenal sebagai aktivis. Saat duduk di bangku SMA Negeri 1 Jakarta, Adnan Buyung Nasution menjabat Ketua Cabang Ikatan Pemuda Pelajar Indonesia (IPPI), namun akhirnya dibubarkan dengan alasan mengandung unsur PKI. 

Di bangku kuliah, Adnan Buyung Nasution sempat mendapatkan skorsing selama satu setengah tahun karena turut ikut berdemonstrasi dengan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), dan dituduh sebagai anti revolusi.

Di bidang penegakan hukum, ia juga menjadi salah satu pendiri LBH Jakarta. Setelah reformasi Adnan Buyung turut mendirikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan merumuskan UU No 30 Tahun 2002. (Luh)

Baca Juga:

  1. Adnan Buyung Nasution Wafat
  2. Selamat Jalan Adnan Buyung Nasution
  3. Pergulatan Adnan Buyung Nasution Melawan Sakit Gagal Ginjal
  4. Alat Bantu Pernapasan Adnan Buyung Nasution Sudah Dilepas
  5. Denny Indrayana Jenguk Adnan Buyung, Begini Tanggapannya

 

Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan