Admin Medsos The Jakmania Provokasi Keramaian di Bundaran HI Ngaku Iseng

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 01 Mei 2021
Admin Medsos The Jakmania Provokasi Keramaian di Bundaran HI Ngaku Iseng
Kerumunan The Jakmania. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya telah menetapkan satu orang tersangka dalam kasus kerumunan Jakmania yang merupakan admin media sosial (medsos) berinisial BR. Dia diketahui yang mengajak hingga para Jakmania turun ke jalan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menerangkan, dari keterangan awal, motif tersangka mengajak untuk menggelar pesta kemenangan setelah Persija keluar sebagai juara hanya karena iseng.

Baca Juga:

Kerumunan Simpatisan Persija, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

"Menurut dia (BR) setiap Persija menang, akan arah ke sana (Bundaran HI) sehingga dia mengingatkan teman-temannya," kata Yusri kepada wartawan, Jumat (30/4).

Menurut Yusri, BR hanya mengajak Jakmania yang lain saja melalui media sosial (medsos). Dia sendiri tidak datang dalam pesta kemenangan yang menimbulkan kerumunan saat pandemi COVID-19.

Yusri menyebut jika tersangka bukan anggota resmi Jakmania hanya merupakan pendukung klub Ibukota tersebut.

"Dia bilang tidak niatan tapi yang terjadi adalah terjadi kerumunan karena memang udah kebiasan bagi dia sama temen-temenya yang lain kalau menang Persija itu kita kumpul di bundaran HI," ucapnya.

Seperti diketahui, usai tim kesayangannya menjuarai Piala Menpora 2021, supporter Persija Jakarta atau yang biasa disebut Jakmania dari sejumlah daerah melakukan konvoi dengan pusatnya berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Kemenangan Persija di Piala Menpora. (Foto: Antara)
Kemenangan Persija di Piala Menpora. (Foto: Antara)

Terkait itu, Polda Metro Jaya mengamankan 65 orang Jakmania yang berkerumun ditengah Pandemi. Namun, mereka semua dipulangkan setelah dinyatakan negatif COVID-19.

Dalam hal ini, pihak kepolisian juga sudah mengidentifikasi sejumlah akun media sosial yang dinilai melakukan ajakan berkumpul untuk merayakan kemenangan Persija saat melawan Persib di Final Piala Menpora 2021.

Sejauh ini, sudah ada lima orang yang diperiksa polisi. Empat orang merupakan admin media sosial sedangkan satu orang lainnya adalah Presiden Persija, Mohammad Prapanca. (Knu)

Baca Juga:

Presiden Persija Dicecar 28 Pertanyaan Soal Konvoi di Bundaran HI

#Polda Metro Jaya #Persija #The Jakmania #Protokol Kesehatan
Bagikan
Bagikan