Adidas dan Allbirds Buat Sneakers Ramah Lingkungan

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 30 Mei 2020
Adidas dan Allbirds Buat Sneakers Ramah Lingkungan
Adidas akan berkolaborasi dengan Allbirds untuk ciptakan sneakers ramah lingkungan (Foto: adweek)

KOLABORASI brand sneakers dengan perusahaan di luar industri alas kaki memang sudah biasa. Seperti adidas memberikan sebuah gebrakan baru.

Adidas bekerjasama dengan produsen sepatu sustainable, Allbirds. Kolaborasi ini menciptakan sepatu olahraga berkemampuan tinggi dan membantu mengurangi emisi gas greenhouse mereka.

Baca Juga:

Bukan Sneakers, Nike Rilis Sandal Air Max 90 yang Kece Abis

Kedua produsen sepatu itu menggunakan lifecycle assessment tools Allbirds dan Adidas cabron footprint analyses untuk menentukan cara terbaik mengurangi keluaran karbon dioksida. Namun produknya tetap mempertahankan kemampuan terbaiknya.

Adidas dan Allbirds akan hadirkan sneakers ramah lingkungan (Foto: Pixabay/geralt)

Penyesuaian pada rantai pasokan dari bahan, ke pabrik hingga pengiriman, harus membantu mengurangi emisi, serta meningkatkan sumber energi baru.

Menurut Adidas, carbon footprint pada sepasang sneakers, terbuat dari bahan sintetis berkisar antara 11,3 dan 16,7 kilogram karbon dioksida.

Sementara itu, Allbirds menyebutkan bahwa produksinya rata-rata membutuhkan sekitar 7,6 kilogram CO2 untuk menghasilkan sepasang sneakers.

Kedua perusahaan tersebut berharap dapat membuat sneakers berkemampuan tinggi hanya dengan dua atau tiga kilogram emisi, dan pada akhirnya ingin mengurangi angka itu menjadi nol.

Baca Juga:

Deretan Sneakers Paling Hype Minggu Ini, Ada yang Harganya Mencapai Rp42 Juta

Adidas sebelumnya sudah meluncurkan produk sustainable (Foto: pixabay/wallpapersets)

Adidas sendiri telah melakukan upaya untuk menciptakan produk yang lebih sustainable. Pada tahun lalu, adidas meluncurkan Futurecraft Loop, sepatu lari yang terbuat dari 100 persen bahan yang dapat didaurulang.

Lalu pada tahun 2016, merilis sepatu UltraBoost yang terbuat dari sampah plastik yang didapat dari laut. Pada tipe Yeezy, adidas memakai busa yang terbuat dari alga. Adidas telah berjanji untuk menggunakan bahan daur ulang pada tahun 2024.

Untuk produk dari Brand Allbirds selalu berdasarkan pada sustainable. Perusahaan itu menggunakan bahan-bahan alternatif seperti wol dan limbah tebu, ketimbang kulit atau poliuretan di sepatunya.

Sepatu lari pertama Allbirds, Tree Dasher, yang dirilis akhir bulan lalu, dipuji banyak pihak karena dibuat dengan menggunakan sol dari tebu dan serat atas kayu putih.

Selain adidas dan Allbirds, Nike baru-baru ini meluncurkan Space Hippie, yang sebagian besar terbuat dari sisa-sisa botol plastik, kaos dan benang. (Ryn)

Baca Juga:

Sneakerhead Bersiaplah, Adidas Yeezy 700 V3 'Azael' Akan Segera Dirilis

#Sneakers
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan