Adidas Bakal Jual Tumpukan Sepatu Yeezy dan Donasikan Keuntungannya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 12 Mei 2023
Adidas Bakal Jual Tumpukan Sepatu Yeezy dan Donasikan Keuntungannya
Adidas mengumumkan potensi kerugian tahunannya yang sebagian besar disebabkan oleh koleksi pakaian dan sepatu YEEZY yang bermasalah. (Foto: Unsplash/Kyle Brinker)

BERAGAM warna dan ukuran sepatu Yeezy menumpuk di gudang milik Adidas. Rata-rata tak laku terjual. Seluruh produk hasil kolaborasi bersama Kanye West nan tersisa itu rencananya bakal dijual segera dan hasil pendapatannya nanti bakal didonasikan ke organisasi.

Mengacu dari laman NME, permasalahan ini diungkapkan pertama kali oleh CEO Adidas Bjørn Gulden pada awal bulan Mei 2023. Menurut salah satu pemimpin Adidas itu, proses kerja sama dengan ini menyebabkan sejumlah kerusakan pada bisnis mereka. Jenama pakaian dan sepatu olahraga asal Jerman ini bahkan mengatakan merk Yeezy milik West telah ‘menyakiti’ bisnis mereka.

Saat ini, sepatu Yeezy yang menumpuk di gudang Adidas nilainya mencapai EUR 1,2 miliar atau sekira Rp 19 triliun. Dengan menjual semuanya sekaligus, Adidas mungkin masih bisa menutupi kerugiannya tahun ini hingga sejumlah EUR 700 juta atau sekira Rp 11,2 triliun.

Baca juga:

Gara-Gara Yeezy, Adidas Berpotensi Merugi

Rapper yang kerap dipanggil Ye ini sempat menyampaikan komentar kontroversial terkait kaum Yahudi. (Foto: Instagram/Kanyethegoatwest)

Tak hanya itu, Adidas juga mengalami penurunan pendapatan dan keuntungan di Amerika Utara. Jenama itu kehilangan pendapatan sekitar 20 persen akibat kolaborasi bersama West. Tidak lakunya sepatu Yeezy ini juga menyebabkan penurunan pendapatan Adidas secara global sebesar 400 juta euro atau sekira Rp 6,4 triliun pada paruh pertama tahun 2023.

Kerugian ini merupakan salah satu imbas dari putusnya kontrak dan kerja sama Adidas bersama Kanye West sejak Oktober 2022. Jenama berlogo tiga garis itu terpaksa memutus kerja sama lantaran West menyampaikan komentar nan kontroversialnya tentang antisemitisme. Rapper asal Amerika itu sempat menyampaikan ujaran kebenciannya terhadap kaum Yahudi. Sementara itu, Adidas merasa tidak bisa menoleransi dan sejalan dengan pandangan West tersebut.

Baca juga:

Adidas Luncurkan Produk Boost Terbaru yang Lebih Ringan

Adidas sebut perusahaannya alami banyak kerugian akibat kerja sama dengan Kanye West. (Foto: Instagram/Kanyethegoatwest)

Bahkan, menurut laporan BBC, Adidas sempat menerima sejumlah tuntutan yang dilayangkan oleh para investor. Sebab, para investor menilai bahwa seharusnya Adidas sudah mengetahui tingkah bermasalah West jauh sebelum mulai bekerja sama.

“Intinya yang ingin kami lakukan saat ini adalah menjual seluruh merchandise (terkait Kanye West). Membakar item-item itu bukanlah sebuah solusi,” ungkap Gulden dalam rapat tahunan pemegang saham, seperti yang dikutip dari BBC.

Nantinya, hasil penjualan tumpukan sepatu Yeezy ini akan didonasikan ke sejumlah organisasi. Adidas sengaja menyumbangkannya dalam bentuk uang bukan sepatu supaya produk itu tidak tersebar ke pasaran secara langsung. Lebih jauh, Adidas juga rencananya bakal menyumbangkan uang itu ke beberapa organisasi yang terkait dengan komentar antisemitisme milik West. Bahkan, Adidas juga akan mencantumkan nama Kanye West kala berdonasi.

“Terlepas dari karakternya yang keras, West sebenarnya merupakan salah satu orang dengan pemikiran yang kreatif di industri ini,” tuturnya. (mcl)

Baca juga:

Rayakan Warisan Adidas di 'Home of Classics'

#Adidas #Adidas Yeezy #Sepatu #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan