Inspirasi
Adapatasi 5 Cara Agar Hidup Lebih Bermakna di 2022 Tetaplah berjalan ke depan meskipun banyak kendala dan rintangan. (Foto: Pexels/seesouk souvannaph)

SETIAP kehidupan memiliki masa lalu beragam, entah baik atau buruk, benar atau salah mengambil keputusan, namun semuanya dapat dijadikan refleksi yang baik untuk mendapatkan resolusi yang luas.

Hidup kamu berada di tangan kamu sendiri termasuk baik dan buruknya. Kamu bisa memulai pencarian kehidupan yang lebih bermakna. Berhenti untuk memaksakan diri sendiri, dan mulailah mencatat hidup kamu sebagaimana adanya. Carilah tempat-tempat yang sudah kaya dengan makna. Life's a journey not destination demikian teriak Steven Tyler, vokalis Aerosmith. Menurut psychologytoday ada lima cara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bermakna.

Baca Juga:

Mengapa Harus Nunda Punya Momongan?

Cukup

sukses
Bersyukur karena cukup memiliki yang kamu butuhkan. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

Apakah kamu memiliki cukup makanan dan air bersih untuk diminum? Apakah kamu memiliki tempat tinggal, meskipun tidak sempurnanya tempat itu? Apakah kamu aman? Apakah organ vital kamu utuh dan berfungsi?Bagi seseorang yang telah hidup berkecukupan, hal-hal ini mungkin tampak kasar daripada bermakna.

Pertimbangkan, banyak orang di luar sana tidak bisa menjawab ya untuk semua atau bahkan salah satu dari pertanyaan itu. Saat mempertimbangkan apakah kamu menjalani kehidupan yang baik. Jangan lupakan fakta bahwa kamu memiliki itu semua.

Bermanfaat

sukses
Bisa jadi kamu bermanfaat untuk orang-orang terdekatmu. (Foto: Unsplash/Noorulabdeen Ahmad)

Hanya kita sendiri yang benar-benar bisa mengetahui kehidupan kita. Namun, saat keberadaan kamu terasa hampa, ada baiknya kamu mencoba melihat diri kamu dari sisi luar. Renungkan orang-orang yang penting bagi kamu, orang-orang yang terkena dampak jika kamu tiba-tiba menghilang dari planet ini. Itu adalah standar sangat tinggi untuk mengukur makna kamu bagi orang lain.

Jika kamu cukup beruntung memiliki bahkan satu orang yang mencintai dan mengenal kamu secara mendalam, kamu sudah menjalani kehidupan yang kaya.

Jika kamu tidak merasa terhubung secara mendalam dengan orang-orang dalam hidup kamu, itu tidak mengubah bahwa keberadaan kamu tidak berarti bagi orang lain.

Tanggung jawab

sukses
Kamu bekerja keras untuk orang terdekat. (Foto: Unsplash/Soroush Karimi)

Banyak orang dipenuhi dengan ketidakberartian ketika mereka merenungkan realitas pekerjaan sehari-hari yang sangat membosankan dan melelahkan sebagai orang dewasa.

Mari kita terima ini semua. Hidup bisa sangat menyenangkan, namun hidup juga bisa sangat keras dan membosankan. Beri makna pada pekerjaan sehari-hari kamu yang melelahkan dengan mempertimbangkan: Apakah hal membosankan yang kamu habiskan akan bermanfaat bagi orang lain, secara langsung atau tidak langsung? Kehidupan siapa yang kamu peduli dan kasihi melalui kerja keras kamu?

Itu semua dilakukan untuk orang terdekat kamu. Seperti orang tua, anak, pasangan, bahkan teman sekalipun. Jika kamu menyerah untuk melakukan hal bosan dan melelahkan itu, bagaimana nasib mereka?

Bersyukurlah kamu masih mempunyai pekerjaan. Faktanya, banyak orang lain di luar sana ingin bekerja layaknya sepertimu.

Baca Juga:

Resolusi 2022: Mulai Kurangi Lemak Perut

Berkorban

sukses
Kamu berkorban untuk keluargamu. (Foto: Unsplash/Mike Scheid)

Lihat kembali semua impian kamu yang tidak tercapai dan kamu harus menyerah di tengah proses. Ya, rasanya tidak enak. Namun kamu pasti memiliki alasan yang cukup kuat di balik itu semua. Mungkin kamu melepaskan impian itu karena kebahagiaan dan keselamatan seseorang yang kamu sayangi.

Kamu dapat tawaran pekerjaan impianmu di luar negeri namun tidak kamu ambil. Karena kamu ingin berada di sekitar orang tua kamu yang sudah lanjut usia. Ya, itu mengecewakan bahwa impian yang sudah kamu cita-citakan sejak awal tidak terwujud.

Tak ada yang mengatakan kamu harus melupakan pada impian kamu demi orang-orang di sekitarmu. Bisa jadi dalam proses pengambilan keputusan kamu ada yang tidak sempurna, ada benih kebaikan dan pertimbangan bagi orang lain. Hari ini, cukuplah kamu membuat beberapa keputusan, betapapun tidak sempurnanya, dari pengorbanan dan kasih sayang.

Faktor eksternal

sukses
Jika gagal, itu bukan sepenuhnya salahmu. (Foto: Unsplash/Brett Jordan)

Tentunya, kita mengharapkan diri kita untuk tumbuh, dan membuat kehidupan yang baik terjadi, itu merupakan cara yang sangat menarik untuk melihat kehidupan.

Ada saja yang dapat menghalangi diri kamu dengan mimpi, seperti penyakit, faktor finansial, faktor keamanan, bencana dan yang terbaru pandemi COVID-19. Alih-alih melabeli hidup kamu sebagai kegagalan, cobalah untuk melembutkan diri lihat sekeliling dengan lebih bijak. Hari ini, kamu berusaha untuk memiliki kebijaksanaan yang luar biasa untuk membuat keputusan pribadi yang baik sehubungan dengan peristiwa pribadi dan global yang menakutkan.

Kamu melakukan yang terbaik untuk menjaga diri kamu tetap hidup, berada dalam lingkungan dengan orang-orang terkasih, dan menjadi orang yang bertanggungjawab. Banyak yang terjadi di sepanjang jalan. Kamu melakukan terbaik untuk membuat semuanya berjalan dengan baik. Meskipun kamu belum membangun kehidupan yang sempurna namun kamu telah membangun kehidupan itu sendiri. Bahkan, kehidupan tidak sempurna bisa menjadi kehidupan yang hebat penuh dengan makna. (Rey)

Baca Juga:

Resolusi 2022: Jangan Cari yang Baru, Yuk Benahi Hubunganmu yang Sudah 'Rusak'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Chris Pratt: 'Guardians of the Galaxy Vol. 3' Layak Ditunggu
ShowBiz
Chris Pratt: 'Guardians of the Galaxy Vol. 3' Layak Ditunggu

Chris Pratt kembali sebagai Peter Quill (Star Lord) dalam sekuel kedua dari film yang disutradarai oleh James Gunn,

Meeting di Kantor yang 'Sehat' Saja ya
Fun
Meeting di Kantor yang 'Sehat' Saja ya

Cara menghindari meeting kantor yang membuang-buang waktu.

Jebolnya Tanggul Situ Gintung Tewaskan Ratusan Orang
Fun
Jebolnya Tanggul Situ Gintung Tewaskan Ratusan Orang

Tanggul Situ Gintung, Cirendeu, Tangerang, Banten, jebol.

Satria Dewa Gatotkaca Buktikan Saatnya Jagoan Lokal Unjuk Gigi
Hiburan & Gaya Hidup
Satria Dewa Gatotkaca Buktikan Saatnya Jagoan Lokal Unjuk Gigi

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo tersebut menjadi pembuka dari Semesta ‘Satria Dewa’ bagian pertam

5 Kpop Idol dengan IQ Hampir Setara Einstein
ShowBiz
5 Kpop Idol dengan IQ Hampir Setara Einstein

Berikut ada 5 Kpop idol dengan IQ yang sangat tinggi

Percintaan Taurus, Capricorn, dan Virgo di Tahun 2022
Fun
Percintaan Taurus, Capricorn, dan Virgo di Tahun 2022

Bagaimana peruntungan zodaik berelemen tanah di tahun 2022?

Beli Tas Branded Original di Platform Terpercaya
Fashion
Beli Tas Branded Original di Platform Terpercaya

Jangan asal memilih tas branded.

Mocca akan Gelar Konser di Metaverse
ShowBiz
Mocca akan Gelar Konser di Metaverse

Konser berjudul Mocca Love Fest itu akan digelar 23 April.

Petir Menyambar, 550 Domba Mati Seketika
Hiburan & Gaya Hidup
Petir Menyambar, 550 Domba Mati Seketika

Rekaman videonya terlihat mengerikan.

Peter Dinklage Berpartisipasi dalam Prekuel 'The Hunger Games'
ShowBiz
Peter Dinklage Berpartisipasi dalam Prekuel 'The Hunger Games'

Film ini akan mengangkat cerita masa muda Presiden Coriolanus Snow.