Ada yang Salah Kaprah pada Benda-Benda ini! Sandaran kepala di mobil ternyata bukan untuk kepala istirahat. (Foto: Unsplash/Farzanah Rosli)

ADA banyak barang-barang di sekitar kita yang kelihatannya biasa saja, malah kadang kita pikir benda itu ada untuk dijadikan dekorasi, atau sekedar pemanis.

Ternyata benda-benda di bawah ini punya fungsi yang justru akan sangat berguna bila kita gunakan sesuai dengan fungsinya. Apa saja sih?


Baca Juga:

Jangan Malas Cuci Mobil Setelah Hujan, Berisiko untuk Bodi Kendaraan


1. Warna pada bulu sikat gigi anak

anak
Indikator masa pakai. (Foto: Unsplash/Marcos Ramírez)


Pasti banyak yang berpikir bahwa bulu sikat warna-warni pada sikat gigi anak tidak memiliki fungsi apapun, atau malah dikira hanya untuk dijadikan pemanis agar menarik bagi anak kecil. Tapi jangan salah, karena bulu warna-warni tersebut sebetulnya ada kegunaannya, loh.

Perusahaan sikat gigi membuat bulu sikat warna warni sebagai panduan bagi orang tua untuk menentukan banyak-sedikitnya pasta gigi sesuai dengan warna pada bulu sikat gigi. Jadi, fungsi warna bulu yang beragam adalah sebagai indikator pasta gigi untuk anak ya, bukan sekedar penghias.

2. Ujung sumpit yang menyatu

barang
Ada fungsi benda lain pada sumpit jenis ini. (Foto: Pixabay/StockSnap)


Kalau makan ke restoran Jepang, Korea, atau Tionghoa, pasti kita kerap menemukan sumpit yang ujungnya menyatu. Beberapa orang mungkin masih mengira kalau ujung sumpit yang menyatu itu tidak ada gunanya, dan langsung membelah kedua sumpit. Padahal, ujung yang menyatu tersebut ada gunanya, guys. Ujung sumpit sengaja dibuat menyatu agar ujung tersebut dipatahkan dan dijadikan sebagai penampang sumpit.

Baca Juga:

Dari Kesehatan Fisik hingga Kesehatan Mental, Alasan Kamu Harus Hindari Lift Dan Mulai Naik Tangga

3. Sandaran kepala mobil

sandaran
Fungsinya bukan untuk kepala bersandar. (Foto: Unsplash/Harshal Desai)

Tidak salah juga sih, kalau kita pikir sandaran kepala di mobil fungsinya untuk menyandarkan kepala saat di perjalanan. Tapi ternyata sandaran kepala atau headrest mobil punya fungsi lain yang sangat berguna saat dalam kondisi darurat.

Tujuan utama headrest adalah untuk mengurangi risiko cedera tulang leher saat kecelakaan. Karena saat kecelakaan kepala kita bisa terlempar ke depan dan ke belakang, maka headrest dibuat agar kepala kita tidak terlempar ke belakang. Fungsi lainnya juga untuk memecahkan kaca mobil saat situasi darurat. Caranya tinggal melepaskan headrest dari sandaran kursi, lalu ujung besinya dihantamkan ke kaca.


4. Bulu sikat eskalator

barang
Bukan untuk sikat sepatu! (Foto: Unsplash/Kyle Tran)

Pasti kamu pernah menyikat sepatu ke bulu sikat yang ada di sisi eskalator, kan? Banyak orang mengira bulu ini dibuat untuk menyikat sepatu saat sedang di eskalator, padahal fungsinya jelas bukan untuk itu.

Bulu sikat di sisi eskalator dibuat untuk mencegah pakaian masuk ke dalam rongga antara sisi dan tangga eskalator. Selain itu, sikat juga dapat berguna untuk mencegah kotoran masuk ke dalam gigi eskalator yang dapat merusaknya.
(drw)


Baca Juga:

Festival Es Harbin, Indonesia Ikut Loh!


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH