Ada yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Pelihara Kucing Kucing sangat lucu dan menggemaskan. (Foto: Pixabay/susannp4)

KUCING adalah hewan peliharaan yang sangat lucu. Bulunya halus. Wajahnya sangat menggemaskan. Tingkahnya yang selalu penasaran bisa membuatmu tertawa terpingkal-pingkal. Namun ada hal yang harus kamu perhatikan dari hewan lucu ini.

Melansir dari healthline.com, kucing bisa menjadi sahabat sekaligus sumber utama penyakit yang tidak kamu sadari. Kalau sudah begini mau tidak mau kucingmu harus mengungsi ke tempat lain. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengadopsi si kecil lucu ini.


Baca Juga:

Ternyata Kucing Kenal dengan Nama Mereka, Tapi Suka Cuek


1. Asma

kucing
Bulu kucing bisa menyebabkan asma. (Foto: Pixabay/OpenClipard-Vectors)

Jika kamu mengidap penyakit asma akut, sebaiknya tidak berpikir untuk memelihara kucing. Bulu kucing sangat tipis dan lembut. Sangat mudah rontok dan bertebaran di seluruh ruangan. Kucing merupakan salah satu hewan lincah yang banyak bergerak sehingga bulu-bulunya akan memenuhi rumah. Bulu kucing yang tak sengaja terhirup bisa menyebabkan asma.


2. Virus Tokso

kucing
Virus tokso menyerang organ reproduksi manusia. (Foto: Pixabay/Merio)

Banyak orang yang enggan memelihara kucing karena hal ini. Virus tokso menjadi salah satu virus yang ditakuti orang karena bisa menyebabkan bayi lahir cacat dan kemandulan pada perempuan. Parasite toksoplasma ada di dalam pup kucing yang bisa menyebar melalui udara dan umum menyerang sistem reproduksi manusia.


Baca Juga:

Ras Kucing Terlucu yang Layak Kamu Pelihara


3. Infeksi

kucing
Cakaran kucing menyebabkan infeksi. (Foto: Pixabay/geralt)


Cakaran kucing seringkali menyebabkan luka parah. Baik di dalam kuku maupun giginya terdapat bakteri bartonella henselae yang bisa menimbulkan benjolan. Jika dibiarkan bisa menyebabkan demam tinggi sampai muntah-muntah. Beberapa kasus yang parah menyebabkan seseorang mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening.


4. Cepat Berkembang Biak

kucing
Kucing cepat berkembang biak. (Foto: Pixabay/HelgaKa)

Selain memberikan dampak buruk bagi kesehatan, kucing merupakan salah satu hewan yang mudah berkembang biak. Sekali melahirkan bisa 2-5 ekor sekaligus. Jarak kehamilan berikutnya bisa berdekatan. Sebaiknya kamu langsung steril kucing peliharaanmu jika tidak berniat untuk menambah jumlahnya. (mar)


Baca Juga:

4 Hal Ini Perlu Kamu Siapkan Sebelum Berniat Memelihara Kucing



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH