Ada 'Segede Gaban' di Popcon Asia 2017 Gaban di panggung "Popcon Asia 2017" (Foto: MP/Arie Prijono)

ANDA termasuk salah satu pengunjung "Popcon Asia 2017" pada 5-6 Agustus lalu? Mengusung tema Pop Parade, acara yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat itu menampilkan berbagai karya insan kreatif Indonesia, dari film, animasi, komik, mainan (toys), hingga gim (game).

Berbeda dari sebelumnya, Popcon Asia keenam ini mendatangkan lebih banyak ikon dunia pop culture, seperti Kenji Ohba, aktor legendaris pemeran Gaban (Gavan) di tahun 1980-an. Goshen Media, official partner "Popcon Asia 2017", mengadakan perayaan 35 tahun Gaban Indonesia. Yuma Ishigaki, pemeran Gaban Next G, juga turut didatangkan dalam rangka perayaan spesial Gaban ini.

Kenji Ohba melakukan persiapan untuk Meet and Greet (Foto: MP/Arie Prijono)

Dalam perayaan 35 tahun Gaban Indonesia ini, Goshen Media mengambil tema 'Segede Gaban'. Dibantu oleh Komunitas Metal Heroes Indonesia, terkumpullah barang-barang koleksi Gaban untuk dipamerkan di Electronic City sampai 9 Agustus, selain juga di "Popcon Asia 2017".

Para fan superhero era 80-an itu pun datang untuk berfoto dan meminta tanda tangan dari kedua aktor Jepang tersebut. Uniknya, mereka bukan anak-anak kecil, melainkan penggemar di masa lampau yang kini sudah berumur.

Ini adalah kedatangan Kenji Ohba yang keempat di Jakarta, sedangkan Yuma baru pertama kalinya. Momen perayaan 35 tahun Gaban di acara pop culture ini dirasa pas, karena film Gaban Next G baru dirilis Juli kemarin.

Yuma dan para fan Gaban Indonesia (Foto: MP/Arie Prijono)

Tak cukup bertemu dengan dua aktor pemeran Gaban, pada momen itu dikeluarkan pula suvenir edisi khusus 35 tahun Gaban. Ada satu set DVD Gaban dengan teks bahasa Indonesia dan patung Gaban setinggi 20 cm yang hanya dibuat 35 buah. Para kolektor dan penggemar bisa membelinya secara terpisah maupun paket. Harga patungnya sendiri Rp 2,75 juta.

Patung Gaban dan DVD series film gaban (Foto: Metal Hero Indonesia)

Di samping para pemeran Gaban, "Popcon Asia 2017" juga mendatangkan para pemain Power Rangers, yaitu Walter Jones (Ranger Hitam) serta Yoshi Sudarso (Ranger Dino Charge Biru) dan adiknya, Peter Sudarso (Ranger Biru). Kedua pria ganteng asal Indonesia yang sudah mendunia ini pun tak luput dari dicari para penggemar Power Rangers berbagai usia.

Tak kalah menarik, ada pula talk show seputar industri kreatif Indonesia, yakni bidang perfilman, yang mulai banyak kerja sama dengan tim kreatif kelas dunia. (*)

Baca juga artikel terkait di sini: Ingat Candaan "Segede Gaban"? Tengok Tokoh Jepang Di Balik Humor 90-an Itu.



Arie Prijono

LAINNYA DARI MERAH PUTIH