Ada Parade MotoGP, Masyarakat Diminta Hindari Kawasan Istana Merdeka-Bundaran HI

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 15 Maret 2022
Ada Parade MotoGP, Masyarakat Diminta Hindari Kawasan Istana Merdeka-Bundaran HI
Sejumlah kru tim MotoGP bersiap melakukan tes usap PCR setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (14/3/2022). . ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya terus melakukan persiapan menjelang Parade MotoGP yang direncanakan digelar di Jakarta, Rabu (16/3). Sejumlah ruas jalan yang akan dilalui peserta parade nantinya akan ditutup untuk sementara.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo meminta masyarakat untuk menghindari kawasan Thamrin. Khususnya mulai pukul 10.00-11.00 WIB dalam rangka menyukseskan parade MotoGP tersebut.

Baca Juga

Presiden Jokowi Tidak Jadi Ikut Parade Konvoi Pembalap MotoGP

"Kita tunjukkan bahwa Jakarta dan Indonesia siap menjadi tuan rumah pelaksanaan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Mandalika," terang Sambodo kepada wartawan di Monas, Selasa (15/3).

Lanjut Sambodo, rangkaian 20 pembalap yang akan berparade juga akan ditemani 60 pemotor lain.

"20 dari tim MotoGP, dan di belakangnya ada 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia. Sehingga kurang lebih total 80 pembalap yang mengikuti parade dari istana sampai hotel Kempinski," ujar Sambodo.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (tengah) dan Wakil Direktur Utama  MGPA (Mandalika Grand Prix Association), Cahyadi Wanda (kanan) berikan keterangan terkait parade pembalap MotoGP, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/3/2022). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (tengah) dan Wakil Direktur Utama MGPA (Mandalika Grand Prix Association), Cahyadi Wanda (kanan) berikan keterangan terkait parade pembalap MotoGP, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/3/2022). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Guna mengamankan jalannya parade tersebut, Sambodo menyebut pihaknya akan melakukan pengamanan berupa penutupan satu arus selama jalannya parade.

Polda Metro akan melakukan pengamanan jalur, dari Istana Negara akan ada penutupan jalur saat rombongan melintas terutama dari arah Utara ke Selatan.

"Sementara dari arah berlawanan itu akan berjalan secara normal," sambungnya.

Baca Juga

Polda Metro Siapkan Pengamanan Rute Konvoi Presiden dan 20 Pebalap MotoGP

Sambodo yang mengenakan pakaian dinasnya ini menambahkan, pengamanan dan penutupan arus sementara ini dilakukan guna mengantisipasi adanya penonton yang tiba-tiba masuk ke dalam arena parade.

"Untuk melaksanakan supaya jangan ada penonton yang tiba-tiba nyelonong ke tengah. Atau pun menjaga keamanan daripada para pembalap," jelas Sambodo.

Sementara itu, Karo Ops Polda Metro Jaya, Kombes Pol Marsudianto mengatakan, pihaknya mengerahkan ratusan personil gabungan dari kepolisian, TNI, dan Pemerintah Provinsi guna mengamankan jalannya parade MotoGP.

"500 personil dari jajaran kepolisian, kemudian dari Pemda juga kami libatkan," ujarnya.

Setelah serangkaian seremoni di Jakarta, Marc Marquez dkk dijadwalkan langsung bertolak ke Lombok untuk bersiap mengikuti MotoGP Indonesia.

Rangkaian MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika ini akan berlangsung mulai 18-20 Maret 2022. (Knu)

Baca Juga

578 Pembalap dan Kru MotoGP Telah Datang di Lombok

#MotoGP #Mandalika #Sirkuit Mandalika #Polda Metro Jaya
Bagikan
Bagikan