Ada Manfaatnya, Stres Boleh-Boleh Saja Kok Stres bermanfaat untuk kesehatan (Foto: Pexels/Inzmam Khan)

SEJATINYA kebanyakan orang menghindari stres. Padahal, boleh-boleh saja kok kamu stres karena tidak melulu stres itu buruk. Stres justru bisa memberikan manfaat kesehatan secara fisik maupun mental. Namun, stres yang kayak apa dulu nih?

Stres 'sehat' bermanfaat bukanlah stres kronis yang membuat kamu tidak bisa mengendalikan situasi. Justru stres seprti itu yang memberikan dampak buruk terhadap kesehatan kamu. Menurut Alodokter, stres sehat ialah yang bisa kamu kendalikan agar bisa menemukan jalan keluarnya.

Baca juga:

Ini Rahasia Mengapa Coklat Dapat Hilangkan Stres

Stres yang seperti itu bisa memberikan berbagai macam manfaat. Pertama, bisa meningkatkan fungsi otakmu. Soalnya, stres akan memaksamu untuk berpikir lebih keras. Tanpa kamu sadari, kemampuan fungsi otak hingga daya ingatmu akan meningkat. Hal itu dikarenakan produksi senyawa kimia dalam otak yang disebut neutrorophin meningkat.

Stres membuatmu berpikir lebih keras (Foto: Pexels/Startup Stock Photos)

Kedua, stres bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu. Tubuh yang merespon stres akan mengeluarkan zat kimia interleukin. Zat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh walau hanya sebentar. Setidaknya, kamu akan lebih sulit terserang penyakit saat stres.

Ketiga, karena stres, hormon adrenalin dan kortisol pada tubuh akan dikeluarkan tubuh. Ini membuat energi tubuh meningkat, kamu pun akan bugar. Peningkatan energi ini dibantu pula oleh organ hati yang mengeluarkan lebih banyak glukosa (zat gula) saat stres.

Baca juga:

Stres Bisa Muncul saat Berlibur, Hadapi dengan Trik Ini

Keempat, stres justru bisa membentuk pribadi dirimu yang lebih tangguh. Ya, mungkin selama ini kamu ingin menghindari masalah sebisa mungkin agar tidak stres. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Justru ketika kamu stres, kamu akan terlatih untuk menghadapi berbagai macam masalah. Dengan begitu, di kemudian hari, kamu sudah siap untuk menghadapi berbagai macam masalah hidup.

Nikmati stres yang kamu alami (Foto: Pexels/bruce mars)

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat. Stres memang terjadi karena adanya hal negatif yang menimpamu seperti kehilangan seseorang hingga pekerjaan. Namun, stres juga bisa terjadi karena adanya hal positif terjadi terhadap dirimu seperti kenaikan jabatan di kantor.

Apapun stres yang kamu alami, nikmati saja prosesnya. Seberat apapun bebanmu itu, akan memberikan manfaat yang luar biasa terhadap dirimu asalkan kamu sabar dalam menghadapinya sahabat Merah Putih. (ikh)

Baca juga:

Kenali Tanda-Tanda Seseorang Alami Stres Berat

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH