Selebritas

Ada Komedi di Balik Syuting Film Horor

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 30 Oktober 2019
Ada Komedi di Balik Syuting Film Horor
Para pemain film Kisah Tanah Jawa mengungkap bahwa syuting film horor tak selalu mistis. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

FILM horor selalu identik dengan hal-hal mistis di baliknya, tak terkecuali proses pembuatan filmnya. Sebelum melakukan syuting, para pemain dan kru harus melakukan ritual tertentu agar proses syutingnya berjalan lancar. Tak jarang ada kisah mistis yang dialami para pemain film selama proses pengambilan gambar. Beberapa dari mereka mengaku diganggu makhluk halus di sekitar lokasi syuting.

Namun, hal berbeda justru dialami para pemain Kisah Tanah Jawa. Deva Mahenra, Joshua Suherman, Laura Basuki, Wafda Saifan, dan Laura Theux justru merasakan pengalaman unik dan seru selama syuting film horor. "Film horor itu sebenarnya justru banyak mengandung unsur komedi di baliknya," tutur pemeran utama dalam film tersebut, Deva Mahenra, saat ditemui di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (29/10). Berikut beberapa hal lucu yang terjadi di lokasi syuting Kisah Tanah Jawa.

BACA JUGA: Deva Mahenra Dihantui Benda ini saat Bermain Film Horor

1. Syuting di Siang Hari

kisah tanah jawa
Para pemain mengungkapkan bahwa syuting tak dilakukan malam hari.(foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Latar waktu yang digunakan dalam film horor biasanya pada malam hari untuk mendapatkan kesan mencekam. Namun faktanya, film Kisah Tanah Jawa justru dilakukan pada siang hari. "Walaupun syutingnya kelihatan malam, kenyataannya kita justru syuting di siang hari," tutur Deva.

Joshua yang hadir di pemutaran perdana serial Kisah Tanah Jawa pun membenarkan. "Jujur agak susah dalam berakting karena kita harus pura-pura enggak kelihatan supaya meyakinkan syuting dilakukan di malam hari. Padahal, terang benderang dan panas banget," ungkap mantan artis cilik yang kerap disapa Jojo tersebut.

Ada trik khusus yang dilakukan sang sutradara untuk membuat film tampak seperti dilakukan pada malam hari. "Kamera ditutup filter lalu diafragma dikecilkan dan lain-lain," beber Jojo.

2. Tokoh Setan yang Jauh dari Ekspektasi

kisah tanah jawa
Pemeran makhluk gaibnya ternyata lucu. (foto: Instagram @iflix.id)

Dalam film-film horor Indonesia, berbagai hantu lokal kerap kali ditampilkan dengan begitu menyeramkan. Mulai dari kuntilanak, pocong hingga genderuwo. Kendati tim pembuat kostum dan penata rias mampu membuat penampilan mereka begitu menyeramkan, karakter asli mereka sebagai manusia tetap tak bisa ditutupi saat di lokasi syuting.
Para pemain pun dibuat terperangah dengan sifat asli mereka saat di belakang kamera yang jauh dari kata seram. Seperti yang diungkapkan Laura Basuki. Ia menuturkan pemeran hantu genderuwo dalam film tersebut ialah seniman Yogyakarta yang memiliki tinggi 2 meter. Dengan pembawaan yang ramah dan logat Yogyakarta yang kental, pria tersebut membuat Laura terperangah. "Bayangkan saja, penampilannya gede tinggi dan horor, tetapi pas lagi break syuting buat makan dia bilang, 'monggo mbaa', dengan suara yang medok," ujar Laura.

3. Nama Pemain yang Sama

kisah tanah jawa
Laura Basuki dan Laura Theux selalu menoleh bersamaan. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

'Apalah arti sebuah nama?'. Kalimat William Shakespeare tersebut diamini sebagian orang yang memang tidak terlalu mementingkan makna sebuah nama. Namun, tidak bagi orangtua Laura Basuki dan Laura Theux. Nama Laura sepertinya memberi kesan mendalam bagi orangtua mereka sehingga terkesan janjian memberi nama serupa.

Laura Theux cukup bangga memiliki nama serupa dengan Laura Basuki dan terlibat dalam judul film yang sama. "Lucu aja. Ketika syuting ada yang manggil, 'Lau!', kita berdua kompak menjawab, 'Apa'," ucapnya.(avia)

BACA JUGA: 'Kisah Tanah Jawa: Merapi' Siap Tebar Teror di Akhir Oktober

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan