Wisata Indonesia

Ada Kandang Godzila di Kabupaten Tangerang

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 14 Agustus 2018
Ada Kandang Godzila di Kabupaten Tangerang
Kandang Godzila destinasi di Kabupaten Tangerang. (Foto: Destinasi Indonesia)

MENGHABISKAN liburan tak perlu jauh-jauh bagi warga Jakarta. Cukup menyambangi kota tetangga, Tangerang, ada banyak destinasi wisata yang tak kalah memukau. Seperti di Kabupaten Tangerang di Kampung Koja, Desa Cikuya, terdapat dua destinasi wisata yang instagramable, Tebing Koja alias Kandang Godzila dan Telaga Biru.

Dua destinasi wisata ini dapat ditempuh kurang lebih 2 - 3 jam perjalanan dari Jakarta dengan menyusuri jalan tol Merak. Dua destinasi wisata ini bukan bentukan alam, melainkan area pertambangan yang sudah terbengkalai, namun disulap dan dimanfaatkan menjadi tempat wisata. Ini merupakan bekas galian tambang pasir yang sudah berhenti beroperasi sejak 2015. Cekungan bekas galian itu kemudian terisi air hujan, hingga menjadi telaga dengan warna biru indah. Untuk tiket masuknya dikenakan biaya Rp 5 ribu per orang sedangkan kendaraan dikenakan ongkos Rp10 ribu.

Memasuki kawasan Tebing Koja atau Kandang Godzila, kamu akan disuguhi tebing-tebing kapur tinggi yang menakjubkan Beberapa dasarnya digenangi air hujan, berwarna hijau tua. Laman Destinasi Indonesia menyebutkan, ketika matahari menyinari tebing, keindahan terasa memukau. Tebing cokelat berubah warna menjadi keemasan.

telaga biru
Telaga Biru yang memukau. (Foto: bantenwisata)

Bukan alasan untuk tidak memotretnya, apalagi mengabaikan pengunduhan pada medsos Instagram. Kandang Godzila memang tidak terlalu besar, namun semua spotnya menarik untuk difoto.

Di sana ada perahu yang siap dijadikan pelengkap foto dengan latar belakang seperti air terjun. Ada juga sebidang sawah menghijau lengkap dengan latar belakang tebing-tebing. Untuk mencapai tempat-tempat itu, sangat mudah, tak perlu bersusah payah naik tebing terjal.

Dari Kandang Godzila, kita bias menuju Telaga Biru. Biasanya ini menjadi satu paket kunjungan, karena letaknya berdekatan. Dari Telaga Biru ke Tebing Koja hanya butuh waktu sekitar 20 menit berkendara. Disebut Telaga Biru karena air yang menggenangi bekas pertambangan itu benar-benar biru.

Selama perjalanan menuju Telaga Biru, tidak banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Tapi begitu sampai di lokasi, terbentang telaga dengan air biru yang benar-benar indah.

kandang godzila
Kandang Godzila memiliki tebing emas. (Foto: superadventure)

Akses


1. Tebing Koja atau Kandang Godzila terletak di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Disarankan untuk membawa kendaraan sendiri.

2. Jika datang dari Jakarta, cukup mengikuti tol Merak dan ke luar di Balaraja Barat. Dari pintu tol Balaraja Barat hanya butuh waktu sekitar 35 menit.

3. Sebaiknya begitu ke luar pintu tol Balaraja Barat, gunakan GPS . Bisa juga mengikuti petunjuk jalan atau bertanya pada masyarakat.

4. Sebelum sampai ke Tebing Koja, sebaiknya mampir dulu ke Telaga Biru. Dari situ baru dilanjutkan ke Tebing Koja, sekitar 20 menit.

Sobat merahputih, kalau ingin mendapat momen foto terbaik di Tebing Koja atau Kandang Godzila, banyak orang menyarankan, datanglah di pagi hari. (*)

#Wisata Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan