Ada Festival Menarik di Bali Pada Pertengahan Juli Mendatang Tari Bali (Sumber: Pixabay/MonicaVolpin)

BAGI kamu yang berencana liburan ke Nusa Dua Bali pertengahan bulan depan, ada satu acara yang dapat kamu kunjungi. Bernama Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam (FTNTWA) 2019, kegiatan ini adalah pagelaran ketiga, setelah sebelumnya dilaksanakan di Banyuwangi dan Prambanan serta Yogyakarta.

Festival yang dijadwalkan digelar tanggal 19 hingga 21 Juli ini sengaja dikemas lebih beragam serta sangat kental dengan unsur budaya lokal. Berkaca dari acara sebelumnya, FTNWA 2019 diyakini mampu menyedot ribuan wisatawan yang datang berkunjung.

FTNTWA 2019 (Sumber: Festival Taman Nasional)
FTNTWA 2019 (Sumber: Festival Taman Nasional)

Festival ini hadir memberikan alternatif lain dalam berwisata di tengah homogenitas objek wisata yang ditawarkan, karena menyajikan objek wisata unik, menantang, mengedukasi dan memberikan pengalaman berbeda tanpa meninggalkan konsep pemanfaatan Taman Nasional sebagai pusat konservasi alam.

FTNTWA 2019 tidak berdiri sendiri, ia merupakan satu rangkaian acara dari road Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan PT Kiad Media Kreatif sebagai pelaksana kegiatan.

Nantinya, FTNTWA 2019 akan diikuti oleh Taman Nasional serta Taman Wisata Alam dari Sabang sampai Merauke. Kali ini tema acara adalah "Bijak berwisata alam" yang menjadi salah satu cara mensosialisasi ekowisata khususnya keberadaan taman nasional dan taman wisata alam.

Sejumlah wisatawan menyaksikan komodo di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo. (MP/Dery Ridwansah)
Sejumlah wisatawan menyaksikan komodo di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo. (MP/Dery Ridwansah)

Ada banyak kegiatan yang dapat diikuti oleh pengunjung seperti National Park Travel Fair, Farmtrip 2019, Festival Film Pendek, Talkshow Konservasi dan Tren Wisata Alam. Bagi yang suka wisata tradisi ada banyak tarian nasional yang disuguhkan.

Kegiatan ini diharapkan bisa mendukung target percepatan akselerasi sektor pariwisata yakni kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 juta wisatawan Nusantara di tahun 2019. Tertarik mengunjungi FTNTWA 2019?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH