Ada Fakta Unik Pendaratan Manusia Pertama ke Bulan di Google Doodle Google Doodle hari ini (Sumber: Screenshot)

ADA yang berbeda pada tampilan halaman utama Google hari ini, Jumat (19/7). Tampak gambar seorang astronot lengkap dengan pakaiannya. Di belakang astronot tersebut tampak gambar Bumi dari kejauhan.

Saat kursor diarahkan ke gambar, baru diketahui kalau doodle tersebut sengaja dibuat untuk memperingati 50 tahun manusia pertama kali menginjakan kaki di Bulan. Coba klik gambar tersebut. Kamu akan diarahkan ke video Youtube berdurasi 4:38.

Astronaut mendarat ke Bulan (Sumber: Pixabay/WikiImages)
Astronaut mendarat ke Bulan (Sumber: Pixabay/WikiImages)

"50 tahun lalu saya melakukan petualangan yang membawa Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke permukaan Bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah," terdengar suara Mike Collins, salah satu astronaut di Apollo 11.

Di video itu Collins bercerita bagaimana ia dan kedua rekannya sampai ke Bulan untuk pertama kali. Menurutnya, ia, Neil dan Buzz memiliki tanggung jawab besar. Hal itu karena sebelum roket lepas landas, banyak yang harus dilalui.

Butuh sekitar 400 ribu orang untuk mendaratkan manusia ke Bulan. Mulai dari insinyur hingga programmer komputer semua bekerja sama untuk tujuan ini. Hal yang menarik, Collins membeberkan fakta unik. Komputer di dalam roket Apollo 11 memiliki daya komputasi yang kecil.

"Kami kira komputer di dalam roket kami sangat canggih, tapi ternyata daya komputasinya lebih kecil dibanding perangkat seluler kita saat ini," tuturnya.

Fakta lainnya, selama Collins cs pergi ke Bulan, NASA mengontrol dengan tiga antena di Bumi. Antena tersebut diletakan di tiga negara berbeda, satu di Spanyol, satu di Australia dan satu di California.

Roket juga harus terus berada di bawah sinar matahari antara Bumi dan Bulan. Guna mengatur suhu di Apollo 11, mereka harus melakukan manufer yang sebagian orang menyebutnya 'gulungan barbekyu'.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH