Ada Dua Mata Air Soda di Dunia, Salah Satunya di Tarutung Instagram/travelmatesiantar

SAAT membaca judul tulisan ini mungkin Anda tidak percaya ada danau alami yang airnya memiliki rasa soda. Tapi kalau ke Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Anda dijamin akan tercengang. Pasalnya di daerah tersebut ada mata air dengan rasa soda yang diberi nama Pemandian Air Soda Tarutung.

Mata air ini memang kurang terkenal dibandingkan objek wisata lain. Namun jangan salah, di dunia ini hanya ada dua tempat yang memiliki mata air soda. Pertama Venezuela dan kedua Indonesia tepatnya di Tapanuli.

(Instagram/nurhayatihayati157)

Pemandian ini pertama kali dibuka oleh seorang mantan bidan bernama Minar Shite tahun 1973. Sebelumnya Minar tanpa sengaja menemukan sebuah lokasi air soda yang terhalang semak belukar. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengelola tempat tersebut.

Di lokasi pemandian Anda tak akan menemukan penginapan atau hotel. Di sekitarnya hanya ada hamparan pesawahan yang hijau dengan pengunungan sebagai latar belakangnya. Tentu pemandangan itu menjadi nilai lebih karena membuat para pengunjung lebih betah.

(Instagram/horastapanuliutara)

Air di Pemandian Air Soda Tarutung memiliki warna kemerahan, sehingga warga setempat sering menyebutnya aek rara atau dalam bahasa Indonesianya air merah. Selain itu air di sana tidak lengket seperti halnya minuman soda buatan.

Selain sebagai tempat wisata, Pemandian Air Soda Tarutung juga sering digunakan sebagai tempat pengobatan alternatif. Pasalnya, air tersebut membuat kulit menjadi halus dan badan terasa ringan.

(Instagram/rismaaa89)

Soal harga, Minar tak memungut tarif khusus kalau ada yang ingin mandi di sana. Ia hanya mengutip uang dari sewa pemakaian kamar mandi untuk bilas dan sewa ban.

Lokasi Pemandian Air Soda Tarutung memang cukup jauh yakni sekitar 200 km dari Kota Medan dengan lama Perjalanan 6 sampai 7 jam. Namun jika sudah di Kota Tarutung, jaraknya hanya sekitar 10 menit. (*)



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH