Ada Destinasi Wisata Baru di Kota Cirebon

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 16 Desember 2019
Ada Destinasi Wisata Baru di Kota Cirebon
Kampung Wisata Seni Kanoman Utara (Foto: MP/Mauritz)

KOTA Cirebon kini mempunyai destinasi wisata baru. Salah satu kampung di Kelurahan Kanoman Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon disulap menjadi perkampungan seni bernama Kampung Wisata Seni Kanoman Utara. Destinasi wisata ini secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Cirebon Eti Erawati, Senin (16/12).

Di sini, terdapat berbagai macam seni dan kebudayaan yang menjadi daya tarik. Wisatawan yang datang, bisa melihat warga sekitar berlatih seni tari tradisional Cirebon, bahkan ikut serta berlatih bersama warga di sana.

Baca juga:

Menikmati Libur Akhir Pekan Coutage Cirebon Waterland yang Instagramable

Selain seni tari, pengunjung juga bisa melihat langsung proses warga saat memproduksi reginang, makanan khas tradisional. Makanan ini menjadi salah satu ciri khas masyakarat di Cirebon.

Salah satu sudut Kampung Seni Kanoman Utara (Foto: MP/Maurutz)
Salah satu sudut Kampung Seni Kanoman Utara (Foto: MP/Maurutz)

Wakil Walikota Eti Erawati menjelaskan, Kampung Wisata Seni Kanoman Utara harus dapat dikembangkan. Sebab, destinasi wisata baru ini diharapkan mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional yang berkunjung ke Cirebon.

"Harus dapat dikembangkan, dan menaikkan destinasi wisata," jelasnya.

Eti menambahkan, penataan juga sangat perlu dilakukan, karena lokasinya yang berdekatan dengan pasar Kanoman. Setelah ditata dengan baik, kemudian pemerintah akan memfasilitasi untuk mengembangkan Kampung Wisata Seni.

Baca juga:

Kreativitas Warga Pulobaru Cirebon Hadirkan Mural 3D

Salah satu mural di sana (Foto: MP/Mauritz)
Salah satu mural di sana (Foto: MP/Mauritz)

"Saya lihat butuh penataan lingkungan yang panjang, karena berdekatan dengan pasar, nantinya baru pemerintah akan memfasilitasi agar Kampung Wisata Seni ini berkembang dan harus maju menjadi distinasi wisata baru di Cirebon," papar Eti.

Sementara menurut Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan Olahraga, Kepemudaan dan Pariwisata, Eddy Tohidi, Kampung Wisata Seni menjadi distinasi wisata baru di Cirebon, demi memenuhi target wisatawan yang berkunjung ke Cirebon, yakni dua juta wisatawan di tahun 2020.

"Di sini masyarakatnya melastarikan seni tari, jadi pengunjung bisa menikmati proses anak-anak saat berlatih tari dan juga saat warga membuat cemilan khas Cirebon," pungkasnya.

Tulisan dari Mauritz kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Baca juga:

Kera Jelmaan Santri Munafik di Cirebon

#Wisata Cirebon
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan