Jelajah Bumi Mulawarman

Ada Danau Ajaib di Hutan Biatan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 27 September 2018
Ada Danau Ajaib di Hutan Biatan
Sumber Air Panas Biatan (Instagrammansyuryudhaali)

TAK ada yang menyangka di hutan di Kecamatan Biantan Bapinang, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, memiliki potensi wisata. Hingga pada 2012 ditemukan sebuah danau kecil di sana. Entah siapa yang menemukan pertama kali. Namun, pesona danau ini langsung tersebar dari mulut ke mulut.

Danau ini adalah sumber air panas yang muncul dari celah-celah bebatuan. Airnya sangat jernih, kamu bahkan bisa melihat dasar danau berwarna biru kehijau-hijauan. Sumber air panas Biantan memang tergolong unik dan bisa dibilang ajaib. Apalagi di sekitar sana tidak memiliki gunung api. Kini danau tersebut lebih dikenal dengan nama Sumber Air Panas Biatan.

Sumber air panas di danau ini unik (Instagram/novelialiestia)
Sumber air panas di danau ini unik (Instagram/novelialiestia)

Lokasinya yang masih perawan menjadikan tempat ini sangat asri. Saat pertama kali datang, kamu akan disambut dengan bau belerang yang menyengat. Menariknya, meski berada di ruang terbuka kamu tak perlu takut tersengat sinar matahari karena rimbunnya pepohoan di sekitar danau.

Merendam kaki di kolam alami

Kolam ini ditemukan tahun 2012 (Instagram/andrasyahly)
Kolam ini ditemukan tahun 2012 (Instagram/andrasyahly)

Lokasinya memang belum benar-benar tertata rapi. Namun ketika kamu datang ke tempat ini dijamin keinginan untuk merendam kaki tak bisa dibendung lagi. Hangatnya air di danau tersebut bisa merileksasikan kelelahan di diri kamu.

Kamu boleh merendam kaki selama mungkin, bahkan dipersilakan untuk menceburkan diri. Tapi air di sana cukup panas, sehingga mungkin kamu hanya sanggup berendam selama 10 menit saja.

Pihak pengelola sengaja membuatkan jalan kayu untuk melewati tengah danau. Jika lapar atau haus, di sekitar danau terdapat warung kecil untuk mengganjal perut kamu. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan agar tempat ini tetap asri dan indah.

Perjalanan yang cukup melelahkan

Kamu bisa berendam sepuasnya di sana (Instagram/andrasyahly)
Kamu bisa berendam sepuasnya di sana (Instagram/andrasyahly)

Berada di hutan membuat akses danau ini cukup menantang. Meski kendaraan roda empat bisa sampai ke titik lokasi, kondisi jalan di dekat danau kurang bagus sehingga membuatmu kamu harus berhati-hati.

Dari Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Kamu akan melewati jalur Tanjung Redeb, Sambaliung, Swaran, Mengkajang, Tambaran dan kemudian sampai di Biatan.

Perjalanan ke sumber air panas ini cukup melelahkan (Instagram/unang_bulweri)
Perjalanan ke sumber air panas ini cukup melelahkan (Instagram/unang_bulweri)

Sepanjang perjalanan harus hati-hati karena kontur jalan berkelok dan banyak turunan. Jalannya sudah bagus beraspal. Tapi sesekali kamu akan melihat jalan berlubang.

Sepanjang perjalanan kamu disajikan pemandangan hutan yang rimbun. Kamu juga akan jarang melihat mobil kecil lewat sana. Mayoritas kendaraan yang melewati jalur ini adalah truk.

#Jelajah Bumi Mulawarman
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan