Ada Bayangan Hitam di Foto Planet Bumi, Fenomena Apa Ini?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 27 Juli 2021
Ada Bayangan Hitam di Foto Planet Bumi, Fenomena Apa Ini?
Bayangan hitam aneh yang terlihat di potret Bumi. (Foto: NASA)

APAKAH kamu pernah kena photo bomb dari teman? Biasanya sih hal itu terjadi ketika kamu sudah siap bergaya untuk difoto eh tiba-tiba kawanmu iseng ikut masuk dalam frame dan menggangu fotomu. Hasilnya? Merusak potret bagus yang seharusnya bisa diunggah ke media sosial.

Nah, photo bomb semacam ini ternyata enggak cuma terjadi sama manusia saja lho, planet Bumi pun pernah mengalaminya. Seperti yang dibagikan NASA, sebuah foto Bumi berkualitas tinggi yang diambil pada 10 Juni 2021.

Potret itu ditangkap dengan menggunakan kamera Earth Polychromatic Imaging Camera (EPIC) yang dipasang di Deep Space Climate Observatory Satellite (DSCOVR). Pengambilan gambar ini bertujuan untuk memantau faktor-faktor seperti vegetasi planet, ketinggian awan, dan ozon. Namun, ada yang janggal dalam gambar tersebut.

Baca juga:

Ilmuwan Temukan 24 Planet Layak Huni yang Lebih Baik dari Bumi

Sebuah bayangan bulat berwarna hitam pekat terlihat ada di bagian atas Bumi, tepat di Kutub Utara. Bukan noda di layar atau atau jempol fotografer yang tak sengaja menyentuh lensa, melainkan Bulan yang sedang photo bomb.

Ketika foto tersebut diambil, Bumi sedang mengalami gerhana matahari sehingga bayangan Bulan akhirnya ikut masuk ke dalam gambar.

"Mengambil gambar setengah Bumi yang diterangi matahari dari jarak empat kali lebih jauh dari orbit tidak pernah berhenti memberi kejutan," kata Ilmuwan Proyek NASA dari DSCOVR, Dr. Adam Szabo. Menurutnya, kala itu Bulan kebetulan masuk ke bidang pandang atau Bulan memberikan bayangan di Bumi.

Seperti yang kita tahu, gerhana matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi sehingga bayangan Bulan diproyeksikan ke permukaan Bumi. Kalau dalam gerhana matahari total, Bulan akan benar-benar menghalangi matahari.

Baca juga:

Pertama Kalinya dalam 30 Tahun, NASA akan Kembali Mengirim Misi ke Venus

Ada Bayangan Hitam di Foto Planet Bumi, Fenomena Apa Ini?
Bayangan hitam itu ternyata bayangan Bulan yang terjadi akibat gerhana matahari. (Foto: Pixabay/@opapaty)

Sedangkan selama gerhana matahari cincin, seperti yang terjadi pada 10 Juni, Bulan berada di dekat titik terjauhnya dari Bumi dan tampak lebih kecil dari Matahari. Saat keduanya sejajar, Matahari muncul sebagai cincin api yang mengelilingi piringan gelap bulan. Kebetulan fenomena ini berhasil ditangkap kamera EPIC sehingga kita akhirnya bisa melihat photo bomb yang dilakukan Bulan.

Ternyata ini bukan pertama kalinya Bulan numpang eksis di foto Bumi. Satelit terbesar kelima dalam Tata Surya itu sudah beberapa kali mengganggu potret Bumi. Bahkan hal ini sudah terjadi sejak 2015 silam.

Ketika oklusi Bulan tampak di sebelah Bumi, bagian terjauh Bulan yang tidak bisa dilihat dari Bumi muncul di dalam kamera, atau saat bayangan hitam Bulan terlihat di Asia. (sam)

Baca juga:

Di Swedia Langit Malam Menjadi Ungu

#Fenomena Alam #Astronomi #Bumi #Bulan #NASA
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan