Musik

Ada Band Ungkap Sisi Liar Hubungan dalam ‘Kencan Rahasia’

Febrian AdiFebrian Adi - Selasa, 14 Maret 2023
Ada Band Ungkap Sisi Liar Hubungan dalam ‘Kencan Rahasia’
Ada Band berikan nuansa segar di 'Kencan Rahasia'. (Foto: Dok/Ada Band)

SETELAH melepas Kenalan Dulu Aja di akhir 2022, Ada Band kembali menciptakan lagu beruansa yang kental akan romansa. Lagu Kencan Rahasia menjadi ciri khas Ada Band sejak terbentuk pada 1996.

Baca juga:

'Kenalan Dulu Aja' dengan Single Terbaru Ada Band

Lagu ini punya genre pop/rock alternatif dengan memiliki nuansa alternatif 70-an hingga 90-an. Kencan Rahasia diambil dari kisah dalam hubungan antara seorang pengagum rahasia dan seseorang yang telah memiliki pasangan.

Kencan Rahasia menyampaikan sisi liar yang tersembunyi dari setiap insan yang kadang ingin memiliki hal yang dirasa tidak mungkin terjadi,” ungkap personel Ada Band Dika dalam keterangan resmi yang diterima Merahputih.com, Selasa (14/3).

Pada proses penggarapannya, Ada Band menghabiskan waktu satu minggu. Ide awalnya datang dari Naga (vokalis). Ia ingin mengaransemen ulang lagu Kencan Rahasia ciptaan Dika tersebut. Diawali dengan mencari tempo yang pas untuk dinyanyikan Naga di Studio Marshal, kemudian rekaman dilakukan dengan ide spontan dengan mindset harus mengubah vibes dari versi lagu Kencan Rahasia sebelumnya.

“Adanya Naga, Marshal, dan Adhy untuk sound engineer dibantu oleh Arief Rinaldi menggubah lagu Kencan Rahasia menjadi versi yang jauh lebih enerjik, menarik, tapi tetap nyaman didengar,” lanjut Dika.

Masih dalam proses penggarapan lagu ‘Kencan Rahasia’ mulai musik dasar, sampai diisi drum, bass, guitar dan vocal, diisi on the spot (spontan) yang tadinya tidak terbayang oleh Ada Band, namun menjadi sebuah komposisi yang sangat atraktif, kemudian tempo lagu ‘Kencan Rahasia’ ini diturunkan cukup banyak dari versi sebelumnya, namun yang terjadi adalah mood yang semakin naik, sehingga terdengar lebih bersemangat.

Tak hanya itu, grafik dari awal lagu ‘Kencan Rahasia’ terasa naik perlahan hingga klimaks di akhir lagu, dan Naga menemukan karakter suara dengan range yang lebih lebar dan terasa lebih rock, terutama di bagian akhir lagu ‘Kencan Rahasia’.

Baca juga:

Ganti Vokalis, Ada Band Akhirnya Rilis Single Baru

‘Lagu, komposisi dan aransemen nya patut didengar dan dinikmati pecinta musik tanah air. Netizen yang penasaran ADA Band membawakan genre bernuansa Rock, dengarkanlah lagu ini dan dapat mengobati rindu terhadap karya ADA Band yang lama sekaligus mengenalkan pada "Gen Z" yang mungkin akan mengenal. Perbedaan dengan lagu sebelumnya yang telah di ciptakan oleh ADA Band memiliki komposisi yang attractive dan energik,’ jelas Dika.

Ada Band merupakan grup musik asal Jakarta, yang di bentuk tanggal 18 November 1996, Terdiri dari Naga, Dika, Marshal dan Adhy. Pada tahun 2020, ADA Band resmi mengumumkan vokalis baru Naga, yang sebelumnya dikenal sebagai vokalis Lyla, untuk meneruskan Donnie yang hengkang dari grup musik tersebut. (Far)

Baca juga:

Ada Band Gunakan Teknologi Dolby Atmos di Single ‘Berharap Cinta’

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan