Otomotif

Accu Tetap Tokcer, Berikut Tipsnya

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 24 Juli 2018
Accu Tetap Tokcer, Berikut Tipsnya
Accu tokcer stater mantap. (Foto: lancastertoyota)

ACCU atau aki atau baterai, menjadi bagian vital dalam kendaraan. Tanpa organ yang satu ini listrik di kendaraan tidak dapat mengalir. Apalagi urusan stater, tanpa accu tokcer mustahil menghidupkan mobil dalam sekejap.

Untuk mendapatan accu maksimal atau tokcer kamu harus melakukan pengecekan rutin. Lalu seperti apa perawatan untuk masing-masing tipenya? Perawatan mutlak dilakukan pada accu basah maupun kering. Jangan pernah abaikan pengecekan sedikitpun. Sebab dapat membuat accu awet dan mobil tidak terkendala. JAdi sebaiknya kamu melakukan:

Pemeriksaan Rutin

aki mobil
Selalu melakukan pemeriksaan pada aki kamu. (Foto: texasbattery)

Lakukan pemeriksaan rutin dan seluruh komponennya. Mulai pemeriksaan dengan mengecek keretakan di bagian bodi aki, tutup atau knop yang lengkap dan menempel kuat. Juga pastikan tidak ada kabel yang mengelupas.

"Selain itu, pastikan juga tidak ada karat dan bekas pengapuran di bagian terminal. Jika ada sebaiknya langsung hilangkan dengan amplas atau sikat kawat dan tutup bagian terminal aki dengan penutup karet," kata Budi dari bengkel JMS, seperti dituliskan dalam laman KabarOto.

Ukuran

Untuk kamu yang memakai accu basah, pastikan cairan di dalamnya tetap dalam batas maksimal, atau minimalnya dalam level aman. Cairan ini berguna untuk menyimpan cadangan listrik di dalam accu. Saat cairan berkurang, otomatis kemampuan dalam menyimpan listrik pun akan berkurang.


Panasi Mesin Mobil

Sebelum berangkat beraktivitas, pastikan memanasi mesin mobil, minimal 10 menit. Ini untuk meratakan sirkulasi oli dalam mesin yang berhubungan dengan performa mobil.

Selain itu, agar arus listrik yang berada di dalamnya bisa terus terisi oleh alternator. Alhasil kondisi arus listrik di dalamnya akan tetap stabil dan maksimal. "Tapi ingat, sebelum memanasi mesin, pastikan dulu air accunya dalam volume maksimal," tegas Budi.

Perangkat Elektronik di Mobil

stater mobil
Sebelum menstater mobil pastikan semua perangkat elektronik mati. (Foto: locksmithrochester)

Sebelum mematikan mobil, pastikan semua perangkat elektronik yang ada di dalam mobil sudah dalam posisi off. Supaya nanti saat menghidupkan mobil, arus listrik dari accu hanya terfokus pada starter mesin saja, bukan perangkat lainnya. (*)

#Aki Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan