Abu Vulkanik Gunung Sinabung Berpotensi Meluas hingga ke Malaysia

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 10 Agustus 2020
Abu Vulkanik Gunung Sinabung Berpotensi Meluas hingga ke Malaysia
Petani memanen kentang dengan latar belakang Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik di Karo, Sumatera Utara, Senin (10/8). ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/aww.

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Malaysia (MetMalaysia) mengatakan bahwa abu vulkanik Gunung Sinabung berpotensi meluas hingga ke Negeri Jiran.

"Asap debu gunung berapi tersebut diperkirakan memasuki ruang udara negara di utara Selat Melaka dan negeri-negeri di utara serta timur Semenanjung Malaysia," ujar MetMalaysia dalam keterangannya, Senin (10/8)

Baca Juga

Sinabung Erupsi Setinggi 5 KM, Warga Diimbau Waspada Bahaya Lahar

Negara-negara bagian (negeri) yang terdampak adalah Perak, Kedah, Perlis, Pulau Pinang, Kelantan, Terengganu dan Pahang.

Mereka memperkirakan asap debu gunung akan memasuki Malaysia Senin malam dan berdampak pada operasi penerbangan pada jarak 1.500 hingga 5.000 meter.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali erupsi semburkan abu vulkanik. (ANTARA/HO)
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali erupsi semburkan abu vulkanik. (ANTARA/HO)

Siaran pers tersebut menyebutkan berdasarkan pada model trajektori hysplit dari Kantor Meteorologi Malaysia dan ramalan Pusat Peringatan Debu Gunung Berapi Daerah (VAAC) Darwin Australia masyarakat tidak perlu bimbang karena tidak akan berdampak ke kualitas udara di Malaysia.

Mereka menyebutkan tidak ada dampak gempa bumi dan tsunami diprediksi melanda Malaysia akibat letusan gunung berapi tersebut.

Keadaan Indeks Pencemaran Udara (IPU) saat ini menunjukkan kualitas udara yang biasa.

Baca Juga

Erupsi Besar Gunung Sinabung, Material Meluncur hingga Langkat

Mereka menasehati kepada masyarakat untuk senantiasa peka dengan informasi yang dikeluarkan oleh Kantor Meteorologi Malaysia melalui laman web resmi, aplipasi myCuaca dan media sosial. (*)

#Gunung Sinabung
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan