Wisata Dunia
Abu Dhabi Jadi Kota Gowes Terpanas di Dunia Abu Dhabi ditunjuk Union Cycliste Internationale sebagai "Kota Sepeda" resmi. (Foto: Twitter/@VisitAbuDhabi)

MEMBAYANGKAN liburan dengan bersepeda biasanya memunculkan gambar kamu gowes melintasi pedesaan Prancis dengan baguette diikat ke setang. Atau mungkin, perjalanan berangin di sepanjang jalur sepeda datar nan nyaman di jalan-jalan yang melewati kota-kota seperti Kopenhagen atau Amsterdam.

Gowes trip biasanya tidak melibatkan gurun Arab, di mana suhu musim panas dan sinar matahari yang intens pada siang hari dapat membuatnya cukup panas untuk meledakkan ban sepeda. Namun, semua itu bisa segera berubah.

Sebuah perubahan tren roda dua mulai bermunculan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) dengan investasi besar mendorong penduduk dan pengunjung merasakan pengalaman bersepeda yang tidak seperti tempat lain di Bumi.

Baca juga:

Bawa Brand Lokal, Delapan Pesepeda Indonesia Unjuk Gigi di Unbound Gravel 2022

Pada 2021, Abu Dhabi ditunjuk oleh badan pengatur olahraga bersepeda, Union Cycliste Internationale, atau UCI, sebagai 'Kota Sepeda' resmi. Inilah kota pertama di Timur Tengah dan Asia yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dengan suhu yang membakar, kota tersebut secara harfiah bisa menjadi kota sepeda terpanas di dunia.

Sepintas, kredensial bersepeda Abu Dhabi tidak langsung terlihat. Dibangun menggunakan kekayaan hasil minyak bumi, ibu kota UEA dan daerah sekitarnya didominasi mobil. Harga gas murah, jalan lebar, batas kecepatan di luar kota yang sangat tinggi.

Namun, lihatlah lebih dekat dan kamu bisa melihat perberbedaannya. Beberapa tahun terakhir telah terlihat bermil-mil jalur sepeda khusus bermunculan di samping jalan raya baru karena emirat terus memantapkan dirinya sebagai pintu gerbang UEA untuk bersepeda, memperkenalkan balapan internasional, dan memelihara bakat lokal.

Sepanjang jalan itu menyuguhkan pengalaman bersepeda yang menyenangkan. Dan, ketika ditambahkan ke daftar ekstensif atraksi lain di Abu Dhabi, bisa menjadi daya tarik utama bagi para penggowes fanatik dan siapa pun yang ingin mencoba sesuatu yang sangat berbeda.

Jam yang tidak umum

Abu Dhabi Jadi Kota Gowes Terpanas di Dunia
Dengan suhu mencapai sekitar 48 C, waktu terbaik bersepeda adalah ketika matahari sudah lengser. (Foto: Twitter/@VisitAbuDhabi)

Gowes di gurun tentunya melibatkan beberapa jam yang tidak ramah. Pada musim dingin, iklim yang lebih sejuk, sangat cocok untuk bersepeda sepanjang hari. Namun, dari Mei hingga September, dengan suhu terkadang mencapai sekitar 48 C, waktu terbaik untuk bersepeda adalah sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam.

Pada jam-jam yang tidak umum itu, banyak klub saling berkejaran di jalur sepeda. Laki-laki dan perempuan dari segala usia dapat terlihat menggowes sepedanya melewati cakrawala pencakar langit yang jauh dari zona pusat bisnis kota. Beberapa datang dengan mobil dan beberapa langsung naik sepeda dari rumah. Ada juga bus sepeda.

Bagi pengunjung, ada toko Yas Mena Cycles yang buka lebih awal untuk menyewakan armada sepeda city road dengan harga di bawah USD 20 atau Rp 300.000 per jam. Cabang terdekat dari rantai Emirates Wolfi's menawarkan lebih banyak penyewaan kelas atas, serta menjual sepeda dengan harga hingga dan lebih dari USD 16.000 (Rp 240.192.800). Toko ini juga merupakan tempat favorit bagi pembuat sepeda Italia milik UEA, Colagno, dengan mesin-mesin Tour de France yang modern dan antik dipajang.

Di dekatnya juga terdapat paviliun baru Abu Dhabi Cycling Club (ADCC), sebuah organisasi dengan keanggotaan bebas yang mengoordinasi acara bersepeda publik dan olahraga di emirat dan bekerja dengan pemerintah untuk mengembangkan aktivitas, mendorong partisipasi, dan investasi langsung.

Baca juga:

Kota-Kota Ini Cocok Dikunjungi untuk Kamu yang Suka Bersepeda

Didirikan pada 2017, ADCC mengatakan sekitar AED 1,7 miliar (Rp 6.950.255.953.500) telah dicurahkan untuk bersepeda dengan 445 kilometer jalur sepeda yang sedang dibangun. Dalam perjalanan ada velodrome dalam ruangan baru dan jalur sepeda yang akan menghubungkan Abu Dhabi dengan Dubai.

Mendatangkan turis gowes

Abu Dhabi Jadi Kota Gowes Terpanas di Dunia
Sirkuit Yas Marina yang biasa untuk F1 dibuka untuk bersepeda sore atau pagi hari. (Foto: Twitter/@VisitAbuDhabi)

Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin penduduk setempat untuk mengambil bersepeda sebagai bagian dari gaya hidup sehat, tetapi juga untuk memikat pengunjung.

"Salah satu tujuan utama adalah untuk membuat lebih banyak turis datang dan berlibur dengan sepeda di Abu Dhabi," kata Direktur Eksekutif ADCC Al Nukhaira Allkhyeli kepada CNN.

Sebagai pengendara sepeda, Allkhyeli sering dapat ditemukan berlatih di sekitar salah satu sorotan terbesar dari adegan bersepeda Abu Dhabi, Sirkuit Yas Marina. Lintasan pacu yang secara reguler menjadi tuan rumah acara Formula One dibuka untuk umum untuk bersepeda sore atau pagi hari.

Pengunjung dapat memesan sendiri untuk sesi gratis di trek, dengan helm dan berbagai road bike atau hybrid yang digunakan secara gratis, ada juga yang dapat disewa di cabang Wolfi sebelah sirkuit. Ada kamar ganti tapi tidak ada kamar mandi.

Bahkan untuk bagi kamu yang buka penggemar F1, gowes di sirkuit Marina adalah hal yang mendebarkan, dengan tribun penonton raksasa menjulang di kedua sisi putaran tujuh kilometer, ditambah superyacht sesekali ditambatkan dengan pemandangan lintasan.

Deru massa yang tidak hadir masih bisa dirasakan bergema di atas venue. Pembalap pemula akan bingung antara kebutuhan akan kecepatan atau selfie saat mereka gowes di sirkuit tersebut. (aru)

Baca juga:

Wajib Baca! Manga untuk Penggemar Sepeda

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mercedes-Benz Ungkap Cara Hadapi Krisis Chip
Fun
Mercedes-Benz Ungkap Cara Hadapi Krisis Chip

Solusi untuk menghadapi krisis chip semikonduktor global ala Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Raya and the Last Dragon Borong Nominasi di Annie Awards
ShowBiz
Raya and the Last Dragon Borong Nominasi di Annie Awards

Film ini meraih 10 nominasi, termasuk kategori film animasi terbaik.

Studi Ungkap Manfaat Gim pada Otak Anak
Fun
Studi Ungkap Manfaat Gim pada Otak Anak

memiliki skor lebih tinggi pada tes keterampilan kognitif dan kontrol impuls lebih banyak

Kolaborasi Bonnie x Clyde dan FOMO Hadirkan Single 'Need Ya'
ShowBiz
Kolaborasi Bonnie x Clyde dan FOMO Hadirkan Single 'Need Ya'

Kolaborasi keduanya berhasil melahirkan lagu EDM anthemic.

Kemendikbudristek Pimpin Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Pendidikan G20
Fun
Kemendikbudristek Pimpin Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Pendidikan G20

Pertemuan pertama Kelompok Kerja Pendidikan G20 digelar di Yogyakarta.

Hari Udara Bersih Internasional, Tindakan Kecil untuk Kurangi Pencemaran
Fun
Hari Udara Bersih Internasional, Tindakan Kecil untuk Kurangi Pencemaran

Tindakan mengurangi pencemaran udara harus dilakukan secara terus-menerus atau konsisten dan bersama-sama.

Inspirasi Outfit untuk Ke Konser
Fashion
Inspirasi Outfit untuk Ke Konser

Tetap tampil gaya di konser musik.

Begini Cara Bikin Lipstik Tahan Lama dan Anti Pudar
Fun
Begini Cara Bikin Lipstik Tahan Lama dan Anti Pudar

Lipstik tetap awet dengan langkah-langkah mudah.

Film Adaptasi 'Streets of Rage' Bakal Digarap oleh Kreator John Wick
ShowBiz
Film Adaptasi 'Streets of Rage' Bakal Digarap oleh Kreator John Wick

Streets of Rage adalah game klasik dari Sega.

Oh Beauty Festival 2022 Kembali Digelar Secara Hybrid
Fun
Oh Beauty Festival 2022 Kembali Digelar Secara Hybrid

Oh Beauty Festival 2022 kembali hadir untuk memberikan pengalaman menyenangkan berbelanja produk kecantikan.