Abu Dhabi Guyur GoTo Rp 5,6 Triliun, Analis Petakan Potensi Startup Digital Lain

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 15 November 2021
Abu Dhabi Guyur GoTo Rp 5,6 Triliun, Analis Petakan Potensi Startup Digital Lain
Gojek dan Tokopedia membentuk Grup GoTo, untuk menggabungkan tiga layanan masyarakat yakni e-commerce, on-demand, dan layanan keuangan dan pembayaran. (ANTARA/Ho)

MerahPutih.com - Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) menggelontorkan dana investasi ke GoTo, entitas gabungan Gojek dan Tokopedia, senilai USD 400 juta, atau setara dengan Rp 5,6 triliun dalam kurs saat ini. Invetasi ini menunjukkan bukti kepercayaan dunia intenasional terhadap perkembangan perusahaan digital lain tanah air menurut para ekonom pasar saham.

"ADIA masuk ke GoTo sebesar USD 400 juta dikarenakan selama ini Gojek dan Tokopedia memiliki track record yang sangat bagus. Selain itu, lini usaha GoTo selalu tumbuh dan berkembang," kata
Analis saham Trimegah Sekuritas Richardson Raymond, dalam keterangan tertulis, Senin (15/11).

Baca Juga:

Gugat Rp 2,08 T, Pemilik Merek GOTO Juga Laporkan GoJek dan Tokopedia ke Polisi

Richardson juga menilai masuknya investor asing ke perusahaan digital nasional juga akan membantu ekonomi digital di Tanah Air semakin bertumbuh. Bukti kesuksesan dan tumbuhnya ekonomi digital Indonesia adalah banyaknya investor asing multinasional yang sudah masuk ke perusahaan digital. Contohnya saja Google, Facebook, Temasek, Allianz, maupun SoftBank yang sudah terlebih dahulu menjadi investor di perusahaan digital nasional.

"Investasi ke decacorn Indonesia ini memberikan sentimen positif bagi perusahaan digital lain untuk dilirik investor asing. Saya yakin ekonomi digital Indonesia masih dapat terus tumbuh," imbuh Richardson

Richardson melihat peluang pasar investasi tidak hanya bagi perusahaan startup digital yang menyasar sektor konsumer. Menurut dia, investor asing juga sudah melirik potensi di perusahaan digital kesehatan, logistik, dan pendidikan sebagai target penempatan dana investasinya.

Alasannya, kata dia, kepercayaan investor asing yang tinggi tersebut dikarenakan perusahaan digital kesehatan, logistik, dan pendidikan sudah terbukti bermanfaat serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia ketika pandemi COVID-19 berlangsung.

Baca juga:

Tips Ampuh Gaet Investor Bagi Startup Pemula

"Contohnya HaloDoc menjadi perusahaan digital kesehatan yang membantu pemerintah dalam menyalurkan vaksin dan obat, sehingga perusahaan digital kesehatan, logistik, dan pendidikan akan menjadi primadona selanjutnya bagi investor asing yang akan menginvestasikan uangnya di perusahaan digital," tutur Richardson, dikutip Antara.

Sebelum investor asing masuk dan berinvestasi, kata Richardson sebenarnya sudah banyak perusahaan nasional yang menempatkan dananya di perusahaan digital tersebut. Sebut saja BCA, Telkomsel, maupun Bank Mandiri yang sudah menjadi investor dan menanamkan dana cukup besar di perusahaan digital. Perusahaan-perusahaan itu menggelontorkan modal tentu saja bukan tanpa perhitungan matang.

"Mereka yang berinvestasi di perusahaan digital pasti memiliki perhitungan mengenai potensi dari ekonomi digital nasional dan potensi perusahaan yang menjadi target investasinya. Misalnya Telkomsel investasi di perusahaan digital seperti GoTo, HaloDoc, dan TaniHub. Pasti mereka melihat potensi sinergi dengan core bisnis utama mereka selama ini yaitu konektivitas. Jadi diharapkan investasi mereka di perusahaan digital akan menciptakan sinergi positif ke bisnis utama mereka dan menciptakan nilai tambah," papar Analis Pasar Saham itu.

Lebih jauh, Richardson melihat langkah investasi sejumlah BUMN itu sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang ingin mendukung program pemerintah Presiden Joko Widodo untuk menjadikan ekonomi digital sebagai new economy dan new oils. Apalagi, lanjut dia, di masa mendatang antara ekonomi digital dan ekonomi konvensional tak akan mungkin dipisahkan. "Mutlak berinvestasi di perusahaan digital untuk meningkatkan value," tutupnya. (*)

Baca Juga:

Siap Tarung, GoTo tak Terima Motif di Balik Gugatan GOTO Rp 2,08 Triliun

#GoJek #Tokopedia #Investasi Asing
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan