Musik
Absen 2 Tahun, Afgan Kembali dengan Single 'Say I'm Sorry' Afgan luncurkan lagu 'Say i'am Sorry' setelah absen hampir 2 tahun (Foto: istimewa)

SETELAH absen selama dua tahun, Afgan akhirnya meluncurkan sebuah single terbaru berjudul Say i'm Sorry. Single itu merupakan terobosan global pertama Afgan sekaligus debutnya dengan EMPIRE, label ikonik Amerika Serikat yang menaungi sejumlah musisi ternama dunia.

Musisi yang berada dibawah naungan label EMPIRE, antara lain yakni Iggy Azalea, Snoop Dogg, Adam Lambert, Tyga, Robin Thicke, hingga Busta Rhymes.

Baca Juga:

Arsy Widianto dan Tiara Andini Rilis Lagu Kolaborasi 'Diam-Diam'

"Say i'm sorry" berkisah tentang sebuah penyesalan (Foto: Istimewa)

Lagu Say I'am Sorry mengusung genre slow-burning R&,B dengan sentuhan modern yang didominasi synthesizer, yang berpadu apik dengan suara Afgan yang khas.

Lagu tersebut diproduseri oleh Tha Aristocrats (yang juga pernah memproduseri Chris Brown, EXO, dan BoA) dan ditulis oleh Chaz Jackson, Dashawn White, Benny Mayne, Emily Vaughn, Orlando Williamson, dan Yusuke Sato.

Lagu baru Afgan berkisah tentang penyesalan. Waktu tak akan bisa diulang, dan yang bisa dilakukan adalah mengingat kenangan rasa yang pernah ada. Lewat lagu tersebut Afgan ingin bisa membuat orang-orang belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

"Aku berharap, saat orang-orang mendengarkan lagu ini, kesedihan dan rasa sakit yang pernah kita rasakan membuat kita belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik. Penyesalan itu ada untuk memberi kita pelajaran, agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan," jelas Afgan, seperti siaran pers yang diterima merahputih.com Sabtu (6/2).

Baca Juga:

Rilis Lagu Cover, Geisha Optimistis Disukai Penikmat Musik

Tak banyak yang tahu bahwa merilis karya secara internasional adalah impian Afgan sejak dia mulai berkarier di dunia musik. Setelah berkarya selama kurang lebih 13 tahun lamanya, Afgan berpikir bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk menantang dirinya demi berkembang menjadi musisi, vokalis, sekaligus penulis lagu ke level yang lebih tinggi.

Selain itu, dia memperlihatkan sisi lain dari dirinya yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya. Soal rekaman, Afgan melakukannya di studio EMPIRE, Amerika Serikat. Banyak yang dia rasakan, seperti beradaptasi dengan lingkungan baru hingga belajar banyak hal secara profesional.

"Banyak hal yang membuatku terinspirasi. EMPIRE paham apa yang aku inginkan dan mereka juga membantuku beradaptasi. Aku sangat bangga bisa bekerja sama dengan EMPIRE dan aku sudah tidak sabar ingin memperdengarkan lagu-lagu baruku," kata Afgan.

Mengenai Afgan, Vice President EMPIRE, Tina Davis menjelaskan, bahwa impresi pertamanya tentang Afgan, merupakan sosok yang sopan dan sangat terbuka dengan ide apapun.

Bagi Tina, Afgan merupakan penyanyi berbakat dan sangat mencintai musik. Tina mendengar suara Afgan untuk pertama kalinya saat bertemu secara virtual. Namun saat bertatap muka, Tina mengaku sangat kagum dengan kemampuan Afgan dalam mengolah vokal.

"Ketika kami bertatap muka di studio dan aku mendengarnya bernyanyi di depan mataku. Aku bisa melihat kemampuannya yang sebenarnya, terutama jangkauan vokalnya, dan etos kerjanya yang bagus," ucap Tina

Hidup bersama karya-karya Stevie Wonder Whitney Houston, dan Brian McKnight sejak kecil, Afgansyah Reza memantapkan dirinya sebagai salah satu bintang terbesar di Indonesia, sejak album debutnya, Confession No.1, rilis pada Januari 2008.

Selama berkarier, Afgan telah meraih kurang lebih 60 penghargaan dan memiliki lebih dari 17 juta pengikut di media sosial. Di tahun 2019, Afgan meraup lebih dari 44 juta streaming di Spotify dari 79 negara.

Tak hanya itu, Afgan juga sukses menggelar konser di beberapa kota di Indonesia dan sejumlah negara di Asia. Tiket konsernya selalu terjual habis.

Setelah kehadirannya diakui industri musik Asia, Afgan siap melebarkan sayapnya di tahun 2021 ini, yakni dengan berkarya secara internasional. (Ryn)

Baca Juga:

Terinspirasi dari Toxic Relationship, Maizura Rilis Lagu 'Aku Takut'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sinetron 'Putri Untuk Pangeran' RCTI Tembus 300 Episode
ShowBiz
Sinetron 'Putri Untuk Pangeran' RCTI Tembus 300 Episode

Berharap bisa bertahan dengan episode yang lebih menarik lagi.

Lesehan, Kegiatan Menyenangkan Khas Orang Indonesia
Fun
9 Pewarta Foto Lulus Program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020
ShowBiz
9 Pewarta Foto Lulus Program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020

Hasil karya 9 Pewarta Foto ini akan dipublikasikan di merahputih.com

Akankah PP 56/2021 Jadi Solusi untuk Para Pencipta Lagu?
ShowBiz
Akankah PP 56/2021 Jadi Solusi untuk Para Pencipta Lagu?

Para manajer, produser lagu, hingga publisher juga menanggapi positif keputusan presiden tersebut.

Goodnight Electric TAMAT
ShowBiz
Goodnight Electric TAMAT

Single yang merupakan materi untuk album baru ini diisi seluruh vokalnya oleh Priscilla Jamail.

Museum Godzilla Pertama Dibuka di Jepang
Travel
Museum Godzilla Pertama Dibuka di Jepang

Bisa terbang di atas Godzilla.

Romantisme Ji Chang-wook dan Kim Ji-won dalam Serial Web Terbaru
ShowBiz
Romantisme Ji Chang-wook dan Kim Ji-won dalam Serial Web Terbaru

Drama tersebut rencananya akan dirilis dalam format web series.

Menangis demi Waras
Fun
Menangis demi Waras

kalau kita menangis saat stres, kita secara efektif mendetoksifikasi tubuh kita dari zat yang terkumpul ini.

Bahaya Hipertensi Bagi Pasien COVID-19
Fun
Bahaya Hipertensi Bagi Pasien COVID-19

Pasien COVID-19 harus waspada terhadap hipertensi.