Musik

ABBA Umumkan Album Terbaru dan Konser Spektakuler Setelah 40 Tahun

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 05 September 2021
ABBA Umumkan Album Terbaru dan Konser Spektakuler Setelah 40 Tahun
ABBA kembali dengan album baru setelah 40 tahun. (Foto: nme)

PENANTIAN 40 tahun untuk penggemar ABBA akhirnya terbanyarkan. Buntut dari viralnya lagu Dancing Queen di aplikasi TikTok berbuah manis, ABBA memutuskan untuk kembali bermusik dan mengumumkan kabar mengembirakan berupa album baru.

Melalui konferensi pers yang diadakan streaming di kanal YouTube ABBA pada Kamis (2/9), terlihat Bjorn Ulvaeus dan Benny Andersson mengumumkan kehadiran album terbaru, diawali dengan dua single I Still Have Faith In You dan Don’t Shut Me Down.

Baca juga:

Gabung di TikTok ABBA Isyaratkan Kembali ke Industri Musik

“Pertama memang hanya sebuah perkataan. Lalu aku berkata ‘mungkin kita harus menambah beberapa lagu lainnya, bagaimana menurutmu?’. Lalu mereka berkata iya, jadi aku bertanya kepada mereka kenapa tidak menjadikannya satu album saja,:” ucap Benny Andersson saat konferensi pers tersebut.

Bjorn Ulvaes melanjutkan, “pada lagu I Still Have Faith In You, aku baru tahu bahwa ketika Benny memainkan melodi itu pasti tentang kita. Ini tentang menyadari bahwa tidak mungkin berada di tempat di sekarang. Tidak ada imajinasi yang dapat memimpikan hal untuk merilis album baru setelah 40 tahun berlalu dengan kita yang masih menjadi sahabat terbaik.”

Album bertajuk ABBA Voyage rencananya akan rilis pada 5 November 2021 melalui Universal Music. Ini menjadi penerus dari album terakhir mereka bertajuk The Visitor yang rilis pada 1981.

Proses rekaman berlangsung di studio Riksmixningsverket milik Benny Anderson di Stockholm, Swedia dengan sesi pertama yang berlangsung pada 2018.

Baca juga:

Portishead Rilis Cover Lagu 'SOS' ABBA Secara Ekslusif di SoundCloud

Tidak itu saja, grup beranggotakan Agnetha Faltskog, Bjorn Ulvaeus, Benny Andersson, dan Anni-Frid Lyngstad juga merencanakan konser virtual hologram ABBA Voyage. Bekerja sama dengan Industrial Light & Magic yang didirikan oleh George Lucas untuk membuat model digital dari diri mereka sendiri.

Para personel juga mengtakan bahwa petunjukan virtual tersebut akan menampilkan 22 lagu, dan berlangsung selama satu setengah jam, dengan London sebagai lokasi yang dipilih.

Bagi ABBA 'orang Inggris melihat kami sebagai milik mereka'. Konser yang berkapasitas 3.000 orang, dirancang khusus dan canggih di Queen Elizabeth Olympic Park London, Inggris. Konser digital akan disiarkan penuh pada 27 Mei 2022. (far)

Baca juga:

Gene Simmons Terpapar COVID-19, KISS Terpaksa Tunda Rangkaian Tur

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan