a-ha Rilis Video Musik Sekaligus Dokumenter 'True North'

Febrian AdiFebrian Adi - Selasa, 06 Desember 2022
a-ha Rilis Video Musik Sekaligus Dokumenter 'True North'
a-ha hadirkan video musik yang berbeda di 'True North'. (Foto: Instagram/@officialaha)

BAND legendaris asal Norwegia a-ha baru saja melepas album ke-11 mereka bertajuk True North pada 21 Oktober 2022. Masih dalam suasana merayakan album tersebut, a-ha melepas video musik single True North bertemakan film dokumenter.

“Pertama, kami memiliki ide untuk merekam sesi studio secara langsung. Kemudian, memfilmkan sesi studio tersebut, dan berkembang menjadi produksi dengan berkolaborasi bersama orkestra Arctic Philharmonic,” ucap gitaris a-ha Paul Waaktaar Savoy seperti dikutip dari Billboard.

Baca juga:

Olivia Rodrigo Janjikan Album Terbaru Rilis Pada 2023

Sementara itu, keterangan dari laman resmi a-ha mengungkapkan, “90 KM di atas Lingkaran Arktik, a-ha milik Norwegia merekam koleksi musik pertama mereka sejak Cast in Steel pada 2015.”

Didampangi oleh sebuah film, koleksi konseptual menggabungkan visi dari band dan bakat orkestra Arctic Philharmonic, untuk menjalin narasi yang menunjukkan hubungan kolektif dengan lingkungan. Dalam sketsa berulang, film multidimensi mengikuti alur naratif ini melalui aktor yang menggambarkan kehidupan di Utara serta mendokumentasikan rekaman musik selama dua hari di Bodø, Norwegia.

True North adalah surat dari a-ha dari Lingkaran Arktik puisi dari ujung utara Norwegia,” jelas keyboardist a-ha Magne Furuholmen.

Baca juga:

Warren Hue Rangkum Pengalaman di LA dalam Video Musik 'Boy Of The Year'

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh a-ha (@officialaha)

Konsep rekaman album dan film ini terinspirasi dari Western Stars karya Bruce Springstenn (2019), di mana Magne Furuholmen ingin membuat versi musisi Norwegia dan menyebut proyek film itu sebagai ‘surat musik dari negara asal kita’ dan menggambarkan tema besar album sebagai ‘alam dan lingkungan’.

Terbentuk pada 1983, a-ha mencapai kesuksesan terbesar pada debut album Hunting High and Low yang rilis pada 1985. Album ini mencapai puncak di nomor satu di negara asal mereka Norwegia, lalu nomo dua di Inggris, dan nomor 15 di tangga album Billboard Amerika menghasilkan dua single nomor satu internasional Take On Me dan The Sun Always Shines on TV dan membuat band tersebut mendapatkan nominasi Grammy Award untuk musisi pendatang baru terbaik.

Tentunya kehadiran a-ha sempat mewarnai kancah musik new wave pada era keemasaannya. Bahkan tak pernah meredup, a-ha terus konsisten dalam menghasilkan karya-karya terbarunya untuk ke kedepannya. (far)

Baca juga:

Metallica Kejutkan Penggemar Rilis Single 'Lux Æterna'

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan