Temuan 72 Kasus Hepatitis di Depok Didominasi Laki-Laki Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Antaranews.com)

Merahputih.com - Kementerian Kesehatan menemukan 72 kasus hepatitis di Kota Depok, Jawa Barat. Dari 72 orang itu terdiri dari 38 laki-laki dan 34 perempuan. 3 orang penderita Hepatitis A dirawat.

"Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (21/11).

Baca Juga

Penyakit Langka Ini Bikin Kebal Seperti Superman

Pada Rabu (20/11), diberitakan sebanyak 40 siswa dan 3 guru SMP 20 Kelurahan Rangkapan Jaya Lama Kecamatan Pancoran Mas, Depok terserang penyakit hepatitis A.

"Kita langsung pantau, langsung datang ke lokasi, tapi bukan hanya di SMP 20 Kota Depok. Jumlah tadi termasuk di luarnya. Jadi ada guru dan siswa tidak hadir dan beberapa siswa dan guru yang sudah dirawat di RS sekitar Depok yang 3 orang tadi. Saya akan terus menginformasikan secara rutin ya," jelas Terawan.

Ilustrasi Hepatitis (https://www.cdc.gov)

Kemenkes akan bertindak cepat dengan mendatangi pasien, lingkaran keluarga hingga melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar.

"Tadi langsung melakukan survei, pendataan supaya tepat. Jangan sampai makin menyebar dan tetapi kami juga langsung melibatkan untuk tindakan-tindakan medisnya," ucapnya.

Jadi ada dua hal, satu mencegah penyebaran semakin meluas, kedua kami melakukan tindakan medis untuk penyakitnya kemudian untuk lingkungan melakukan preventif dan promotif," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH