Usia Ideal Memberi Ponsel kepada Anak Anak sebaiknya mulai diberi ponsel pada usia 8-12 tahun. (Foto: Pixabay)

PONSEL merupakan alat komunikasi penting untuk setiap orang. Bahkan, sekarang banyak orang yang tidak dapat berpisah dengan ponselnya. Mulai dari bangun hingga menjelang tidur, jari jemarinya tetap berkutat dengan layar ponsel.

Perangkat yang satu ini juga seringkali digunakan orangtua untuk memantau anaknya. Akibatnya, banyak orangtua yang membekali anak-anaknya ponsel. Pertanyaannya, kapan sebaiknya anak diberi ponsel?

Anda sebaiknya tidak memberikan ponsel saat usia anak masih balita. Usia yang tepat adalah usia 8-12 tahun. Pada usia ini anak sudah mulai berkembang pola pikirnya. Akan lebih baik jika Anda memberikan ponsel yang tidak terlalu kaya akan fitur. Bisa-bisa anak Anda malah menjadi lupa waktu karena keasyikan mengoprek ponselnya.

Kemudian, tetap kembalikan fungsi ponsel sebagai perangkat untuk memantau keberadaan anak. Misalnya, ketika anak mendadak mendapatkan pelajaran tambahan di sekolah, ia bisa menyampaikannya kepada Anda melalui telepon atau aplikasi chatting. Dengan begitu, Anda akan menjadi tenang setelah mengetahui alasan ia pulang terlambat.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi yang mendidik di ponsel anak. Jadi, dia bisa menambah wawasan, bukan hanya hiburan saja. Pada dasarnya, tetap awasi anak saat ia sedang menggunakan ponsel. (*)

Baca juga artikel lainnya Tips Didik Anak Ala Susan Bachtiar.


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH