Kopassus Terjunkan Tim Pendaki Serbu, 500 Turis Rinjani Sukses Dievakuasi

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 31 Juli 2018
Kopassus Terjunkan Tim Pendaki Serbu, 500 Turis Rinjani Sukses Dievakuasi
Pasukan Koppasus. Foto: Antara

MerahPutih.com - Sejak kemarin Pasukan Komando Khusus (Kopassus) menerjunkan 142 pasukan pendaki serbu guna mengevakuasi ratusan masyarakat dan turis asing yang masih terjebak di Gunung Rinjani akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tercatat sebanyak 543 orang pengunjung berhasil dievakuasi pascagempa 6,4 SR yang mengguncang NTB Minggu (29/7) pagi kemarin lusa.

"Itu data terakhir yang dihimpun sampai pada Senin malam pukul 19.30 Wita," kata Koordinator Perlindungan dan Pengamanan Hutan TNGR Daniel A Rosang yang ditemui di Resor Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Selasa (31/7).

Kerusakan akibat gempa Lombok Timur. Foto: Mora NTB

Dalam rincian jumlah pengunjung yang berhasil dievakuasi sebanyak 189 pendaki mancanegara dan 173 pendaki lokal. Kemudian pemandu sebanyak 31 jiwa ditambah porter 150 jiwa.

Namun, dari jumlah pengunjung yang berhasil dievakuasi hingga Senin petang, masih ada tersisa enam orang yang bertahan di Danau Segara Anak bersama satu jenazah atas nama Muhammad Ainul Takzim (26), staf Balai Litbang LHK Makassar.

"Jadi untuk yang di Bukit Pelawangan dan Pos 2 Sembalun, sudah turun semua. Sisa enam orang dan satu jenazah yang belum dievakuasi," ujar dia, dilansir Antara.

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Foto: Ist

Menurut Daniel, evakuasi untuk enam orang dan jenazah Muhammad Ainul Takzim, direncanakan dilakukan pada Selasa (31/7) pagi ini.

"Jika evakuasinya lewat darat, diusahakan paling telat, saat Magrib sudah sampai di bawah (pintu Bawak Enao). Jalur evakuasinya lewat jalur pendakian resmi Sembalun," tandas dia. (*)

#Gempa #Kopassus
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan