Kode Alam di Balik Naiknya Suhu Muka Laut Perairan Papua Utara Ilustrasi (Pixabay)

Merahputih.com - Suhu muka laut (SST) perairan Papua bagian utara terpantau hangat berkisar antara 29 derajat celcius sampai 30 derajat celcius.

"Pola angin 3000 feet, terdapat sirkulasi Eddy yang menyebabkan terbentuknya daerah belokan angin di sekitar wilayah perairan Papua bagian utara," ujar Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili di Jayapura, Senin (12/8).

Baca Juga: BMKG Gandeng PBNU untuk Ajak Ulama Sebarkan Informasi Cuaca dan Gempa Bumi

Adapun, angin di wilayah Papua bagian utara umumnya bertiup dari arah utara hingga tenggara dengan kecepatan 05 sampai 25 kilo meter per jam. Kelembaban relatif di wilayah Papua pada lapisan 850 mb dan 700 mb berkisar antara 700 persen hingga 90 persen.

Menurut Petrus, kondisi tersebut diprediksi sebagai tanda-tanda alam pemicu pertumbuhan awan yang dapat menyebabkan hujan disertai angin kencang di wilayah Papua bagian utara yakni wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi.

Suasana pinggir pantai. (Antaranews)
Ilustrasi Suasana pinggir pantai. (Antaranews)

Dari hasil penginderaan jarak jauh dengan menggunakan satelit cuaca dan radar cuaca pada 12 Agustus 2019 pukul 08.30 WIT teramati wilayah Papua bagian utara didominasi awan-awan hujan.

Awan hujan yang terbentuk dominan adalah awan-awan stratus dengan kategori awan menengah hingga awan tinggi. Umumnya, sebagaimana dikutip Antara, hujan dari awan jenis ini adalah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Kembali Melanda Riau dan Sumut, KLHK?

Prospek cuaca pada 12 sampai 14 Agustus 2019, kondisi cuaca Papua bagian utara umumnya berawan hingga hujan ringan dan sedang. Potensi hujan lokal pada pagi, siang dan malam hari.

Unformasi terkait prakiraan kondisi meteorologis suhu muka laut (SST), perairan Papua bagian utara ini dikeluarkan oleh Sub bidang pelayanan jasa Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH