Kasus Polisi Tembak Polisi di Kantor Polisi, Kapolda: Hasil Tes Kejiwaan Normal Ilustrasi penembakan senjata api (MerahPutih/Alfi Rahmadhani)

MerahPutih.com - Penyidik Polda Metro Jaya telah menyerahkan berkas penyidikan tersangka Brigadir Rangga Tianto yang menembak mati Bripka Rahmat Effendy ke pihak kejaksaan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, berkas tersebut saat ini masih diteliti oleh pihak jaksa.

Baca Juga: Polisi Tembak Polisi, Brigadir RT Terancam 15 Tahun Penjara

"Kalau nanti umpama jaksa sudah mengatakan lengkap tentunya akan dikembalikan kepada kita, kita akan melakukan penyerahan tahap 2. Tapi kalau masih ada kekurangan nanti jaksa akan kirimkan P-19 apa kekurangannya nanti kita akan lengkapi," kata Gatot kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/8).

Kapolda Metro
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. Foto: MP/Kanu

Baca Juga: Berkaca pada Kasus Polisi Tembak Polisi, Polri Perketat Izin Senjata

Sementara, Gatot memastikan bahwa kondisi kejiwaan Brigadir Rangga normal alias waras. Hal itu berdasarkan serangkaian pemeriksaan psikologi terhadap Brigadir Rangga.

Dengan dinyatakan normal secara psikologis, maka Brigadir Rangga dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya dalam hukum. Rangga bisa diproses hukum lebih lanjut atas kasus penembakan yang menewaskan Rahmat tersebut.

Ilustrasi (Pixabay)

Penyidik Polda Metro Jaya sendiri telah melimpahkan tahap satu berkas perkara kasus penembakan itu. Saat ini jaksa masih meneliti berkas tersebut.

Rangga dipastikan bakal dipecat karena kasus ini. Dia juga terancam hukuman 15 tahun penjara atas pembunuhan tersebut.

Baca Juga: Jenderal Tito Perintahkan Polisi Mabuk Tembak Warga Dipecat

Seperti diketahui, insiden penembakan Brigadir Rangga terhadap Bripka Rahmat terjadi di ruang SPK Polsek Cimanggis, Depok pada Kamis (25/7) malam lalu. Saat itu Rahmat hendak menyerahkan FZ, pelaku tawuran ke Polsek Cimanggis, yang diamankan olehnya di wilayah pemukimannya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH