Wisata Dunia

9GAG x K11 Buka Museum Meme Pertama di Dunia

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 23 Juli 2021
9GAG x K11 Buka Museum Meme Pertama di Dunia
Mampir ke museum meme pertama di dunia. (Foto: K11 Art Mall)

SIAPA sangka akan datang hari ketika meme dianggap sebagai sebuah karya seni. Berawal dari kreativitas lelucon di dunia maya, gambar maupun video lucu itu akhirnya jadi bahan tawa universal.

Kini semuanya dikumpulkan di satu tempat yang sama oleh platform daring 9gag. Hasilnya? Museum pertama di dunia yang berisi meme viral nan lucu dari masa lalu dan masa kini.

Meme Museum, seperti dilansir dari laman Timeout, merupakan proyek kerjasama antara 9gag dan K11 Art Mall. Kolaborasi itu membawa semua meme viral dari seluruh dunia ke chi K11 Art Space, Hong Kong.

Tidak seperti museum konvensional lain yang pamerannya hanya bisa dinikmati secara visual, di tempat ini tamu bisa berinteraksi dengan meme yang tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari gambar, teknologi AR, figur tiga dimensi, hingga aroma.

Baca juga:

Bernostalgia Sekaligus Bermain di Game Center Museum Jepang

View this post on Instagram

A post shared by K11 Art Mall (@k11artmall)

Di dalamnya, pengunjung dapat melihat lebih dari 100 meme yang dibagi dalam tujuh tema zona. Ada retrospektif In the Meme-time yang berisi meme dalam laptop, menjelajahi budaya internet dari seluruh dunia melalui Meme-go-round dengan puluhan gambar meme dalam wadah kaca, serta menjadi meme di photobooth Meme Me dari Snapio. Cukup masuk ke dalam bilik, melakukan pemotretan, dan keluar dengan hasil foto super konyol.

Pameran ini juga menampilkan pengalaman interaktif sensori 4D di Beyond the Meme. Ada pula peluncuran karya seni NFT meme pertama berjudul In Meme We Love. Gambar tersebut merupakan kolase yang terdiri dari lebih 100 meme paling viral yang digabung jadi satu.

Setelah puas melihat-lihat, pengunjung bisa datang ke A Meme is Born untuk berkesempatan membuat meme orisinal. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai USD 100 atau kurang lebih setara dengan Rp 1,4 juta.

Baca juga:

Museum Madame Tussauds Bakal Buka di Dubai

Jangan lupa juga untuk mampir ke Memeingful Tattoo Station karena di zona ini tamu bisa mendapatkan kenang-kenangan tato meme temporer. Lalu membeli segudang merchandise seperti stiker di These MEMEs Aren't Ours.

Buat kolektor kartu, mereka bisa mendapatkan Meme Yes!Card edisi terbatas. Berbentuk seperti vending machine, tamu bisa mengumpulkan meme Yes!Card super unik yang cocok untuk dikoleksi.

Meme Museum sudah dibuka sejak 16 Juli hingga 5 September 2021. Biaya masuknya gratis namun tamu diminta untuk melakukan RSVP terlebih dulu. Kalau ada waktu dan kesempatan wajib dateng nih. Kapan lagi bisa melihat pameran seunik ini? (sam)

Baca juga:

Terancam Tutup, Museum Ghibli Sempat Minta Donasi

#Museum #Wisata Dunia #Hong Kong
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan