931 Kios Hangus dalam Kebakaran Pasar Sentral Makassar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 28 Desember 2022
931 Kios Hangus dalam Kebakaran Pasar Sentral Makassar
Kondisi kebakaran ratusan kios di Blok B Selatan Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022) malam. ANTARA

MerahPutih.com - Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan, mengalami kebakaran pada Selasa (27/9) malam, di saat hujan deras mengguyur.

"Lokasi kebakaran di Blok B Selatan. Data kami potensi kios (terbakar) 931 kios. Kios ada pakaian, gorden, semuanya bahan tekstil," ujar Direktur Utama PD Pasar Makassar Ichsan Abduh Hussein di lokasi kejadian, Selasa malam.

Ia mengatakan, mendapatkan laporan kejadian sekitar pukul 19.00 Wita dan langsung melaporkan serta berkoordinasi dengan Dinas Kebakaran dan Polres Pelabuhan serta melaporkan ke Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk penanganan bencana.

Baca Juga:

DPC PDIP Solo Berangkatkan 15.000 Kader ke Jakarta

Mengenai dengan penyebab kejadian, kata dia, belum mengetahui pasti dan masih dalam penyelidikan aparat kepolisian terkait kejadian itu.

"Penyebab kejadian masih menunggu (penyelidikan) dari aparat kepolisian," kata Ichsan kepada wartawan, seperti dikutip Antara.

Saat ditanyakan berdasarkan informasi pedagang diduga ada unsur kesengajaan pembakaran, mengingat para pedagang ini akan direlokasi, ia menyatakan dengan tegas tidak ada seperti itu.

"Saya kira kita jangan berspekulasi, yang jelas kami dari PD Pasar tidak ada seperti itu. Tidak ada dari kami dan Pemerintah Kota berpikir seperti itu. Tolong jangan kita berspekulasi. Biarkan pihak kepolisian melakukan penyelidikan," paparnya menegaskan.

Usai kejadian ini, apa langkah yang diambil PD Pasar untuk mencari lokasi baru bagi pedagang korban kebakaran itu, kata Ichsan masih akan dipikirkan.

"Insyaallah kita berbuat yang terbaik. Lokasi? nanti, secepatnya oleh PD Pasar," singkat dia menanggapi pertanyaan wartawan.

Baca Juga:

5 Agenda Prioritas Presiden Jokowi pada 2023

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar Muhammad Hasanuddin di sela pemadaman menuturkan, informasi yang masuk sekitar pukul 19.10 Wita. Seluruh unit armada di markas komando dan bantuan armada di pos lain telah dikerahkan ke lokasi.

"Kami kerahkan penuh armada dari Mako Damkar dan bantuan cadangan unit dari posko lain, total ada 48 unit bolak balik mengisi tangki. Semua personel diturunkan termasuk regu penembak air," katanya di lokasi kejadian.

Saat proses pemadam api, kata dia, sedikit terhambat oleh banyaknya orang dan pedagang lalu lalang mengambil barang-barang dagangannya. Aparat Satpol PP turut membantu menghalau orang-orang agar proses pemadaman berjalan lancar.

"Banyak orang ambil barang-barangnya, kita khawatirkan kios mudah roboh karena bahan gampang terbakar, bahannya kayu. Penyebab kejadian masih di investigasi polisi. Data sementara 899 kios ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa, luka bakar dan luka goresan saat kejadian," katanya. (*)

Baca Juga:

BMKG Tampik Informasi Badai Dahsyat di Wilayah Jabodetabek Besok

#Kebakaran #Kebakaran Pasar
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan