9 WNI Masih Terjebak di Ukraina, Kemlu: Kondisi Mereka Aman

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 08 Maret 2022
9 WNI Masih Terjebak di Ukraina, Kemlu: Kondisi Mereka Aman
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3). Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) masih terus melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina. Kabarnya, ada sembilan WNI yang terjebak di Chernihiv.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kiev terus memonitor kondisi mereka secara virtual, walau jaringan sempat terganggu. Kemlu mengklaim, mereka dalam kondisi aman dan pasokan logistik memadai.

Baca Juga

MPR Ingatkan Kemenlu Jangan Ada WNI Tertinggal di Ukraina

"Mereka diminta tetap berada di Chernihiv karena saat ini masih terjadi pertempuran," jelas Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Judha Nugraha kepada wartawan, Selasa (8/3).

Untuk sembilan WNI yang terjebak ini, kata Judha, KBRI Kiev terus berkomunikasi intensif dengan berbagai pihak di Ukraina dan Rusia untuk bisa memberikan safe passage atau jalur evakuasi aman bagi WNI.

KBRI Kiev, lanjut dia, juga telah siapkan penjemputan bagi sembilan WNI jika jalur aman evakuasi telah dikonfirmasi kedua belah pihak yang bertikai.

"Komunikasi intensif sedang dilakukan dengan pihak-pihak di Ukraina dan Rusia," ucap Judha.

Baca Juga

Kabar Baik, 80 WNI dari Ukraina Berhasil Tiba di Tanah Air

Diberitakan sebeumnya, sebanyak 83 WNI yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3) sekitar pukul 17.13 WIB.

Dalam penerbangan tersebut, ada juga beberapa warga negara Ukraina yang merupakan keluarga dari pernikahan dengan WNI.

Adapun rincian penumpang yang datang terdiri dari 12 pria, 50 wanita, 17 anak, dan 4 orang ekspatriat. (Knu)

Baca Juga

Menteri BUMN Puji Garuda dalam Misi Kemanusiaan Evakuasi WNI dari Ukraina

#WNI #Ukraina #Konflik Ukraina #Rusia
Bagikan
Bagikan