9 Rumah Ibadah Menyeramkan se-Asia, Dua di Antaranya Ada di Indonesia Kedai Teh Huashan (Foto: Listverse)

RUMAH ibadah biasanya memiliki suasana nyaman. Orang yang datang ke tempat ibadah akan merasa betah dan ingin berlama-lama. Tapi hal itu tidak terjadi pada tempat-tempat ibadah yang disebutkan nanti.

Listverse merilis 9 tempat ibadah yang bukan hanya menakjubkan namun juga menyeramkan se-Asia. Menariknya dari jumlah tersebut terdapat satu rumah ibadah dari Indonesia. Penarasan dengan rumah ibadah yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Kuil Dongyue, Tiongkok

Kuil Dongyue (Sumber: Listverse)
Kuil Dongyue (Foto: Listverse)

Kamu akan kaget ketika masuk ke dalam kuil ini. Pasalnya di dalam kuil terdapat diorama penyiksaan di neraka. Terdapat lidah yang ditarik keluar lalu dipotong hingga seseorang yang mengeluarkan isi perutnya. Bukan hanya Listverse saja, CNN Travel juga mengakui kalau kuil ini adalah salah satu tempat paling menyeramkan.

Kuil yang berada di Beijing ini didirikan sejak 1319 untuk penganut ajaran Taoisme. Di sana ajaran serta sejarah Taoisme tersimpan rapi. Soal diorama neraka terdapat 76 ruang kecil yang merupakan penggambaran 76 departemen neraka. Masing-masing depatemen memiliki metode penyiksaannya sendiri.

Pura Goa Lawah Klungkung, Indonesia

Pura Goa Lawah Klungkung (Sumber: Listverse)
Pura Goa Lawah Klungkung (Foto: Listverse)

Bagi yang tidak suka dengan kelelawar, lebih baik jangan berkunjung ke pura ini. Pasalnya pura yang menjadi pura penting di Bali ini terdapat ratusan kekelewar yang bertengger di dinding-dindingnya. Menurut penelitian Goa Lawa dijadikan pura pada abad ke-11 atas inisiasi Mpu Kuturan.

Di mulut goa, dibangun beberapa tempat pemujaan. Biasanya terdapat upacara besar di pura tersebut setiap enam bulan sekali pada penanggalan Bali. Selain kelelawar, masyarakat Hindu Bali percaya kalau di goa ini hidup ular naga milik Dewa Siwa bernama Vasuki.

Wat Phumin, Thailand

Wat Phumin (Sumber: Listverse)
Wat Phumin (Foto: Listverse)

Dari luar kuil untuk penganut agama Budha ini sangatlah indah. Terdapat empat pintu masuk yang masing-masingnya memiliki patung Budha. Interiornya begitu luar biasa dengan penuh hiasan. Tapi dibalik keindahannya itu ternyata dianggap kuil paling menyeramkan.

Hal itu karena didalam kubahnya terdapat diorama penyiksaan untuk orang-orang yang menyimpang dari jalan Buddhis. Terdapat hewan berkepala manusia direbus hidup-hidup, ada pula manusia yang disiram minyak panas dan beberapa penyiksaan menyeramkan lainnya.

Kedai Teh Huashan, Tiongkok

Kedai Teh Huashan (Sumber: Listverse)
Kedai Teh Huashan (Foto: Listverse)

Kedai Teh Huashan adalah kuil paling menyeramkan lainnya. Bukan karena terdapat diorama penyiksaan seperi Wat Phumin dan Kuil Dongyue melainkan lokasinya di ketinggian 2.160 mdpl di Gunung Huashan, Kota Huayin, Provinsi Shaanxi, Tiongkok.

Bagi yang ingin menuju ke sana, pengunjung harus mendaki tangga curam yang kiri kanannya terdapat jurang. Terdapat pula trek papan kayu yang menempel di dinding. Bagi yang tak punya nyali disarankan untuk tidak datang ke Kedai Teh Huashan.

Hmwe Paya, Myanmar

Hmwe Paya (Sumber: Rick Jacques)
Hmwe Paya (Foto: Rick Jacques)

Jika Pura Goa Lawah Klungkung adalah tempat hidup kelelawar, maka di Hmwe Paya atau Pagoda Ular adalah tempat hidup para ular. Setidaknya terdapat tiga ekor ular piton yang suka bergelantungan di sekitar patung Budha.

Kedatangan ular tersebut bermula di tahun 1974. Saat para biksu membersihkan altar mereka menemukan dua ular piton melingkar di patung Budha. Para biksu kemudian mengembalikan ular itu ke hutan. Namun beberapa hari kemudian ular itu kembali lagi, bahkan ular tersebut bertambah satu.

Pura Tanah Lot, Indonesia

Pura Tanah Lot (Sumber: Listverse)
Pura Tanah Lot (Foto: Listverse)

Bali memang menyimpan pesona yang luar biasa. Tak heran kalau banyak turis mancanegara yang ramai-ramai datang ke pulau ini. Salah satu yang menjadi daya tarik Bali adalah Pura Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Namun, dibalik keindahannya itu, Pura Tanah Lot adalah tempat hidup ular laut yang dianggap suci oleh umat Hindu Bali. Mereka percaya kalau ular-ular tersebut adalah jelmaan dari selendang Danghyang Niratha, seseorang yang mendirikan Pura Tanah Lot.

Candi Preah Vihear, Kamboja

Candi Preah Vihear (Sumber: Listverse)
Candi Preah Vihear (Foto: Listverse)

Tak ada ular berbisa ataupun ular. Di sini juga tidak memiliki diorama penyiksaan neraka. Namun yang menjadikan Candi Preah Vihear menakutkan adalah perebutan wilayah antara dua negara yakni Thailand dan Kamboja. Pasalnya candi yang dibangun pada abad ke-11 ini berada di Provinsi Preah Vihear, Kamboja dan dekat distrik Kantharalak, Thailand.

Pada tahun 2008-2011 Candi Preah Vihear adalah daerah konflik. Kamu akan mudah mendengan suara-suara tembakan yang dilepaskan dari dua negara. Sebenarnya tahun 1962 Mahkamah Internasional sudah memutuskan candi ini milik Kamboja. Namun Thailand masih berpikir Candi Preah Vihear milik mereka. Meski sudah kondusif, konflik tersebut bisa saja terjadi lagi.

Kuil Awashima-jinja, Jepang

Kuil Awashima-jinja (Sumber: Listverse)
Kuil Awashima-jinja (Foto: Listverse)

Di Jepang terdapat kuil boneka yang bernama Awashima-jinja. Namun jangan berpikir kuil ini seperti istana boneka di Taman Mini Indonesia Indah. Beberapa boneka disana dipercaya telah dirasuki arwah manusia dan menetap usai kematiannya. Kuil ini juga menjadi tempat penyimpanan boneka bekas mainan anak perempuan. Masyarakat Jepang percaya kalau boneka dibuang sembarangan, maka mainan itu akan kembali menghantui pemiliknya.

Setiap tahunnya terdapat ritual untuk menghanyutkan beberapa boneka di laut. Mereka percaya kalau sesuatu yang tidak baik dan ketidakberuntungan bisa dibuang ke dasar laut. Boneka lain yang masih tersisa nantinya akan dibagikan ke orang yang mengharapkan keberuntungan atau bisa juga dijadikan penebus dosa.

Kuil Bullet Baba, India

Kuil Bullet Baba (Sumber: Listverse)
Kuil Bullet Baba (Foto: Listverse)

Jika di Indonesia terdapat kendaraan yang bergerak sendiri tanpa ada yang mengemudi mungkin akan dianggap menyeramkan, namun di India hal itu malah membuat masyarakat menyembah kendaraan tersebut yang notabene adalah benda mati. Ribuan orang dari seluruh Rajashtan datang ke kuil tersebut untuk meminta keselamatan, terutama para sopir taksi dan bus. Menariknya sesaji yang digunakan bukanlah dupa atau kemenyak melainkan minuman keras.

Motor yang disembah ini bermula ketika seorang pemuda bernama Om Sing Rathore di tahun 1988 kecelakaan saat mengendarai motor tersebut. Ia menakbrak pohon dan tewas di tempat. Sehari setelahnya mayat pemuda itu ditemukan dan motornya dibawa ke kantor polisi. Namun secara tiba-tiba motor tersebut kembali ke lokasi kecelakaan. Keluarga dan polisi yang curiga kemudian mengosongkan tangki dan merantainya. Sekali lagi motor tersebut kembali ke tempat kecelakaan. Hal itu terulang berkali-kali hingga membuat masyarakat setempat percaya kalau motor tersebut bertuah.

Nah, itulah 9 tempat ibadah yang dianggap menyeramkan se-Asia versi Listverse. (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Seru! Petualangan Pink di Bali

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH