9 Pewarta Foto Lulus Program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020 Binar di Pesara. Salah satu karya foto Thoudy Badai yang merupakan Most Valuable Photojournalist (MVP) dalam program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020. (Thoudy Badai)

MerahPutih.com – Program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020 yang diinisiasi oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) resmi berakhir. Program yang digelar atas kerjasama XL Axiata, Pertamina, Commonwealth Bank, Pertamina Gas, EIGER, dan merahputih.com itu telah meluluskan 9 foto journalis muda berbakat.

Thoudy Badai yang merupakan pewarta foto harian Republika menyabet penghargaan CommBank Most Valuable Photojournalist (MVP).

Senior Vice President, Head Corporate Communication & Financial Inclusion Commonwealth Bank Bayu Irawan mengatakan Thoudy berhasil meraih poin tertinggi dari perserta lainnya.

Editor akhir Fanny Octavianus bersama co-mentor Dhemas Reviyanto dan Susanto menilai, cerita Thoudy yang berjudul “Binar di Pesara” unggul dari segi penyampaian pesan melalui foto, isu yang diangkat. Thoudy juga bertanggungjawab selama mengikuti program. “Sebagai MVP, Thoudy berhak mendapatkan grant personal photo project senilai lima juta rupiah,” kata Bayu.

Pada malam penutupan program yang digelar Sabtu (12/9), sembilan peserta mempresentasikan kepada publik hasil karyanya yang telah dibuat selama 2 bulan program mentorship ini berjalan.

Kesembilan peserta terpilih yang akhirnya dapat menuntaskan program ini adalah:

1. Ajeng Lestari

Mahasiswi Univ. Teknologi Sumbara, Mataram, NTB

2. Alif Zaky

Mahasiswa UPN Veteran, Jakarta

3. Donny Fernando

Pewarta Foto The Jakarta Post, Jakarta

4. Indra Abrianto

Pewarta Foto Rakyat Sulsel, Makassar

5. Raudhatul Jumala

Mahasiswi Univ. Islam Ar-Raniry, Banda Aceh

6. M. Zaenudin

Pewarta foto lepas Zuma, Jakarta

7. Mugni Supardi,

Pewarta foto Radar Sulteng, Palu

8. Nopri Ismi

Pewarta foto lepas Mongabay, Bangka

9. Thoudy Badai

Pewarta foto Republika, Bandung

Nah, nantinya hasil karya mereka satu persatu akan dipublikasikan di merahputih.com (@merahputihnews).

Seperti diberikatakan sebelumnya, para peserta mengikuti program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020 sejak 19 Juli hingga 12 September.

Photojournalist Mentorship 2020
Asa Tau Samawa. Foto karya Ajeng Lestari yang dinyatakan lulus dalam program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020. (Ajeng Lestari)

Program ini yang terdiri dari 11 sesi yang berlangsung dua kali sepekan. Materi utamanya adalah membuat projek foto liputan dan penulisan yang dipandu oleh praktisi-praktisi berpengalaman.

Ketua PFI Pusat Reno Esnir menyampaikan selamat kepada MVP terpilih. Ia juga memberikan apresiasi tertinggi kepada para mitra-mitra yang mendukung program ini.

“Terima kasih untuk XL Axiata, Pertamina, Commonwealth Bank, Pertamina Gas, EIGER, dan MerahPutih.com karena telah membantu pengembangan ilmu fotojurnalistik tanah air”, ujar Reno.

Ia bersama seluruh pengurus PFI Pusat berkomitmen untuk menjadikan program ini sebagai agenda tahunan organisasi. (*)



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH