Teknologi

9 Pengumuman Besar Apple di Acara Far Out 2022

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 08 September 2022
9 Pengumuman Besar Apple di Acara Far Out 2022
iPhone 14 menjadi fokus utama di acara Apple Far Out 2022. (Foto Apple)

APPLE telah usai mengadakan acara Far Out pada Rabu (7/9), dalam acara ini raksasa teknologi tersebut mengungkap jajaran iPhone 14, tiga Apple Watch baru, termasuk Apple Watch Ultra yang telah lama dikabarkan, dan headset AirPods Pro generasi kedua.

1. Apple kembali hadirkan varian Plus pada iPhone 14

Jika kamu telah lama mengikuti rumor tentang iPhone 14, kamu tidak akan terkejut dengan kabar iPhone 14 yang tidak memiliki banyak peningkatan penting dibandingkan iPhone 13, karena keduanya dilengkapi dengan chip seri A15 dan notch (takik untuk kamera dan sensor pada bagian layar).

Namun, Apple memperkenalkan model Plus baru yang hadir dengan layar berukuran 6,7 inci yang lebih besar dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Baik iPhone 14 biasa maupun plus dilengkapi dengan sensor kamera utama 12 megapiksel yang ditingkatkan, serta kamera swafoto TrueDepth 12 megapiksel dengan fokus otomatis.

2. iPhone 14 Pro memiliki desain notch minimalis ‘Dynamic Island’

9 Pengumuman Besar Apple di Acara Far Out 2022
Notch model baru ini hanya tersedia untuk varian pro. (Foto: Apple)

iPhone 14 Pro dan Pro Max hadir dengan beberapa peningkatan besar, termasuk mengubah bentuk notch dengan ‘potongan’ berbentuk pil yang menampung kamera dan berbagai sensor di bawah layar. Apple menyebutnya dengan dynamic island, karena notifikasi akan muncul dan bergerak di sekitar ruang notch ini.

Selain itu, lini Pro memiliki chip A16 yang lebih bertenaga, layar yang lebih cerah, masa pakai baterai yang lebih baik, dan kamera belakang 48 megapiksel dengan sensor quad-piksel.

Apple juga menghadirkan always-on display ke varian iPhone 14 Pro dan Pro Max. yakni kemampuan untuk meredupkan wallpaper di lock screen untuk terus menampilkan notifikasi tanpa terlalu banyak mengonsumsi baterai.

Baca juga:

iPhone 14 Pro Series Siap Permalukan Kompetitornya

3. iPhone 14 di AS hanya bisa menggunakan eSIM

Apple mengumumkan bahwa mereka tidak akan menyertakan tempat SIM fisik untuk iPhone 14 yang dijual di AS. iPhone 14 di AS akan menggunakan eSIM sebagai gantinya, juga dikenal sebagai kartu SIM digital.

Apple mengatakan eSIM lebih aman dan akan membantu pengguna dengan mudah beralih antar operator, tetapi bisa lebih sulit bagi siapa pun yang terbiasa dengan kesederhanaan mengeluarkan kartu SIM mereka dan mengalihkannya ke ponsel lain.

4. iPhone 14 dapat mengirim pesan darurat melalui satelit

Apple menambahkan konektivitas satelit ke iPhone 14 dan 14 Pro baru untuk situasi darurat di AS dan Kanada. Jika pengguna membutuhkan bantuan tetapi tidak memiliki sinyal, pengguna dapat mengarahkan ponselnya ke satelit terdekat untuk mengirim pesan darurat ke layanan darurat terdekat, selama langit cerah. Untuk dua tahun pertama fitur ini akan tersedia secara gratis di ponsel baru.

5. Apple memperkenalkan Apple Watch Ultra

9 Pengumuman Besar Apple di Acara Far Out 2022
Apple Watch Ultra dirancang khusus untuk penggemar olahraga. (Foto: Apple)

Watch Ultra baru dari Apple menawarkan desain yang lebih kokoh untuk atlet olahraga ekstrem. Jam itu memiliki casing titanium 49mm yang dirancang untuk melindunginya, bersama dengan tombol aksi baru yang dapat disesuaikan untuk transisi antar olahraga.

Aplikasi Oceanic Plus yang baru juga memberi kemampuan pengguna Watch Ultra untuk melacak penyelaman bawah air mereka.

Apple Watch Ultra memberikan masa pakai baterai hingga 36 jam hanya dengan sekali pengisian daya, dengan Apple akan memperkenalkan fitur pengoptimalan baterai akhir tahun ini yang akan memberikan Ultra masa pakai baterai hingga 60 jam.

Baca juga:

Apple Kembali Hadirkan Varian Warna Ungu untuk iPhone 14

6. Apple Watch Series 8 hadir dengan Sensor temperatur

Apple Watch Series memiliki dua sensor suhu baru, satu di belakang dan satu di bawah layar. Sensor ini dirancang untuk membantu melacak kesuburan seseorang.

Jam tangan itu akan memeriksa suhu tubuh seseorang setiap lima detik, dan Apple mengatakan dapat mendeteksi perubahan suhu sekecil 0,1 derajat Celcius.

Ada juga fitur pendeteksi tabrakan baru yang mendeteksi jika pengguna mengalami kecelakaan mobil dan memberi penggunanya opsi untuk meminta bantuan. Apple juga mengumumkan mode daya rendah, yang akan menonaktifkan fitur tertentu, seperti always-on display, untuk membantu menghemat baterai.

7. Apple Watch Se kembali hadir

Apple telah memperkenalkan Apple Watch SE generasi terbarunya. Hadir dengan chip S8 yang ditingkatkan, membuat jam itu 20 persen lebih cepat daripada model 2020 dan juga memiliki beberapa kemampuan yang sama dengan Watch Series 8, termasuk deteksi tabrakan.

8. Airpods Pro gen 2 hadirkan Noise Cancellation lebih baik

9 Pengumuman Besar Apple di Acara Far Out 2022
Airpods Pro Generasi kedua disebut sebagai yang paling canggih sejauh ini. (Foto: Apple)

Apple mengumumkan AirPods Pro yang ditingkatkan, CEO Apple Tim Cook menyebut sebagai yang paling canggih sejauh ini. Mereka datang dengan chip H2 baru dan audio spatial dan memiliki kemampuan Noise Cancellation dua kali lipat lebih baik dari model sebelumnya.

Selain peningkatan enam jam waktu mendengarkan dengan sekali pengisian daya (atau total 30 jam dengan casing pengisi daya), ada juga speaker yang dipasang di setiap headset dan casing pengisi daya, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukannya menggunakan aplikasi Find My.

9. iOS 16 dan WatchOS 9 akan hadir 12 September

iOS 16 dan watchOS 9 akan diluncurkan mulai 12 September. Pembaruan iOS 16 memungkinkan fitur baru untuk lock screen, seperti adanya widget dan notifikasi yang muncul dari bagian bawah layar. Sementara watchOS 9 menambahkan sekumpulan metrik baru untuk pelacakan kebugaran. (kna)

Baca juga:

Apple akan Merilis Headset AR/VR dalam Waktu Dekat?

#Apple #IPhone #Apple Watch #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan