9 Legenda Sepakbola yang Tidak Pernah Angkat Trofi Piala Dunia

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 18 Juni 2018
9 Legenda Sepakbola yang Tidak Pernah Angkat Trofi Piala Dunia
Eusebio, legenda sepakbola Portugal

MerahPutih.com - Bermain di Piala Dunia dan mengangkat trofi juara merupakan puncak karier pesepakbola profesional. Terlebih trofi yang diraih itu membawa nama negara. Entah itu Piala Eropa, Cipa America, dan di atas itu semua tentu saja Piala Dunia.

Sebagai pemain, bisa mengangkat trofi di akhir kompetisi menjadi teramat membanggakan dan memuaskan, apalagi jika sang pemain memiliki status pemain hebat.

Tentu saja tak semua pemain hebat yang bisa menyempurnakan kariernya dengan meraih trofi, khususnya Piala Dunia. Namun, tak dimungkiri, kegagalan menjadi juara dunia bisa dianggap sebagai noda di tengah nama besar sang pemain.

Pada Piala Dunia 2018, paling tidak ada dua pemain yang bisa saja mencatatkan nama mereka dalam sejarah sebagai legenda tanpa trofi Piala Dunia. Mereka adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Meraih sukses internasional membutuhkan kombinasi dari kerja tim, keberuntungan, dan kecerdasan individu. Menjadi pemain hebat bukan berarti jaminan mengangkat trofi. Berikut pemain hebat yang gagal memenangkan turnamen internasional.

Oliver Kahn (Jerman)

Siapa yang tak mengenal Oliver Kahn, kiper tangguh dengan tongkrongan sangar ini sudah menjadi legenda sepak bola Jerman, bahkan Dunia. Kahn merupakan salah satu pemain Jerman tersukses dan paling konsisten.

Sayangnya, Khan hadir di masa yang salah. Kahn berada pada waktu dimana Jerman sedang kekeringan prestasi di tingkat internasional.

Kahn memulai kiprahnya sebagai kiper timnas Jerman pada 1994 saat die Mannschaft membutuhkan tambahan tenaga. Pada Piala Dunia 1998, kiper pilihan pertama Jerman, Andreas Kopke memutuskan pensiun dari timnas. Kahn pun mengambil alih peran tersebut.

Pada Piala Dunia 1998, Jerman tampil mengecewakan. Empat tahun kemudian, Piala Dunia 2002 menjadi turnamen yang mengangkat pamor Kahn. Kiper berjuluk Gorila ini tampil menawan meski Jerman tampil tak konsisten.

Di ajang inilah Kahn mencatat lima clean sheet, meski akhirnya dua kali dibobol Brasil di partai puncak. Di akhir turnamen, Kahn terpilih menjadi pemain terbaik. Ini merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia, penghargaan Bola Emas disambar seorang kiper.

Pemain yang menjadi kiper terbaik Eropa empat tahun beruntun dari 1999-2002 ini gagal mengangkat trofi Piala Dunia hingga akhir kariernya. Kahn pensiun setelah 86 kali tampil membela Jerman.

Memang, pada 1996 Kahn ada dalam skuat Jerman yang menjuarai Piala Eropa. Namun, Kahn selalu duduk di bangku cadangan mengingat posisi kiper utama masih menjadi milik Kopke.

#Piala Dunia #Luis Figo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan