9 Jangan yang Harus Kamu Perhatikan pada Smartphone Android Data dalam smartphone harus dijaga. (Foto: Pixabay/geralt)

PONSEL sebenarnya sudah sangat umum pada publik. Namun sebenarnya bukan masalah peranti yang ada di tangan kamu, lebih dari itu isi di dalamnya yang sangat penting.

Data di dalam smartphone Android jauh lebih mahal ketimbang ponselnya sendiri. Smartphone Android layak komputer di tangan mampu menyimpan ratusan bahkan ribuan data. Data-data inilah yang harus dijaga.

Jangan sepelekan ponsel kamu atau kamu akan menyesal. Berikut ada 9 JANGAN yang harus kamu perhatikan.

smartphone
Jangan pernah ada yang mengintip ponsel kamu. (Foto: Pixabay/hurk)


1. Jangan Lupa Lock Screen

Semakin sering kamu menggunakan ponsel, semakin mudah seseorang masuk ke dalamnya. Untuk itu jangan pernah lupa selalu lock screen ponsel kamu. Cara ini sederhana saja, namun mampu membuat ponsel kamu aman. Tidak ada aplikasi yang dapat membuka lock screen itu. Tambahkan pula aplikasi keamanan yang bagus.


2. Jangan Lupa Update

Jangan anggap enteng untuk update Android kamu. Patut diingat update Android terbaru berarti menambah kuat sistem operasi ponsel kamu. Biasanya Google Play Service selalu menginformasikan gawai Anda untuk melakukan update. Bila kamu melakukan update sesuai jadwal ponsel akan terasa seperti baru terus.


3. Jangan Lupa Back Up

Jangan pernah untuk membuat back up semua data-data yang ada pada ponsel pintar. Cara ini tidaklah sulit, namun harus kamu utamakan. Jadikanlah kebiasaan untuk selalu membackup semua data kamu.

ponsel
Jangan simpan data kamu secara online. (Foto: Pixabay/hellooly)


4. Jangan Simpan Secara Online

Cara simpan data yang baik adalah tetap pada storage kamu. Dalam artian kamu harus memiliki hardware untuk menyimpan data-data penting, seperti foto, video atau dokumen lainnya. Atau paling tidak kamu memiliki back up data yang lainnya. Buatlah salinan data lebih dari satu.

Pernahkah terbayang bila semua data yang kamu simpan secara online sama sekali tidak dapat diakses? Berbagai kemungkinan bisa terjadi pada provider cloud tempat kamu menyimpan data. Kalau masih bisa kembali bukan masalah. Namun bila server penyimpanan data kamu rusak, apa jadinya data tersebut?


5. Jangan Biarkan Kepanasan

Bila membaca beberapa berita belakangan ini, tidak sedikit ponsel yang meledak. Meskipun para ahli belum dapat mengatakan apa yang menjadi penyebabnya. Namun yang pastinya faktor ponsel kepanasan adalah salah satunya.

Jangan pernah meninggalkan ponsel langsung terkena sinar matahari. Ini akan membuat ponsel menjadi panas, apalagi bila dalam kondisi tengah charging. Dapat dibayangkan ponsel menjadi jauh lebih panas.

Perhatikan pula kondisi energi pada baterai yang dapat mempengaruhi suhu ponsel. Terlalu lama charging akan membuat baterai menjadi lemah dan butuh energi kembali. Ini akan berujung pada suhu pada ponsel naik.


6. Jangan Biarkan Layar Tanpa Proteksi

Pada ponsel bagian yang paling rawan adalah layar. Positifnya belakangan ini produsen ponsel sudah melengkapinya dengan Gorilla Glass. Meskipun dirasa sudah cukup untuk melindungi layar ponsel, namun masih perlu mendapatkan proteksi tambahan lagi. Lapislah layar dengan screen protectors dan case. Ini akan membuat layar ponsel jauh lebih aman.

ponsel
Jangan sembarangan menginstall aplikasi. (Foto: techcrunch)


7. Jangan Kena Air

Ponsel dengan sertifikat IP67 dan IP68 dijamin tahan air. Namun umumnya ponsel belum memiliki sertifikasi tersebut. Air dan kelembaban adalah musuh utama dari ponsel. Kebanyakan ponsel rusak karena faktor air ini. Jauhkan dari terpaan air meskipun hanya setetes. Yang patut diingat meskipun beberapa ponsel digadang-gadang antiair namun bukan berarti dapat dibawa menyelam.


8. Jangan Ada yang Melihat Trek Kamu

Apapun yang kamu lakukan dengan ponsel jangan pernah boleh ada yang melihatnya. Ponsel adalah milik pribadi dan tidak boleh ada yang melanggarnya.


9. Jangan Sembarangan Install Apps

Jangan pernah tergiur pada penawaran-penawaran aplikasi. Sesuaikan aplikasi dengan kebutuhan kamu, bukan karena gaya. Banyak mobile malware yang menargetkan ponsel Android. Selalu install aplikasi dari sumber terpercaya yang memiliki review positif dan terverifikasi. Cari tahu informasi aplikasi tersebut di internet. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH