9 Fakta Menarik Usai Kroasia Singkirkan Inggris Kroasia v Inggris. Foto: Official FIFA

MerahPutih.com - Kroasia memastikan satu tempat di final Piala Dunia 2018. Hasil ini didapat usai mengalahkan Inggris dengan skor 2-1, pada laga semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7) dini hari WIB.

The Three Lions bisa mencetak gol melalui Kieran Trippier pada menit kelima. Bola hasil tendangan bebasnya meluncur deras ke gawang Kroasia kawalan Danijel Subasic. Skor 1-0 untuk Inggris.

Gol yang ditunggu Kroasia akhirnya tercipta melalui Perisic pada menit ke-68. Bola hasil umpan lambung Sime Vrsaljko langsung diteruskan Perisic dengan sontekannya. Skor menjadi imbang 1-1.

Kroasia v Inggris. Foto: Official FIFA

Selepas itu, kedua tim tidak mampu menciptakan gol. Skor 1-1 hingga pertandingan waktu normal berakhir. Laga pun diteruskan ke babak perpanjangan waktu.

Pada perpanjangan waktu, Kroasia masih menguasai jalannya laga. Ante Rebic dkk. mencoba mencari peluang untuk menciptakan gol melalui penguasaan bola. Sedangkan Inggris mengandalkan serangan balik.

Selanjutnya, Kroasia terus menggempur pertahanan Inggris. Akhirnya, Kroasia berhasil menciptakan gol melalui Mandzukic pada menit ke-109.

Bola hasil umpan Perisic dengan tandukan dikonversi menjadi gol oleh striker Juventus tersebut melalui tendangan kaki kiri. Skor 2-1 untuk Kroasia bertahan hingga pertandingan usai.

Kroasia v Inggris. Foto: Official FIFA

Hasil ini membuat Kroasia menantang Prancis di final Piala Dunia 2018, Minggu (15/7) malam WIB. Sebelumnya, Inggris melawan Belgia di perebutan tempat ketiga terbaik.

Ada banyak fakta menarik yang lahir dalam pertandingan kali ini. Apa saja itu? Berikut 9 fakta menarik usai Kroasia Dipastikan ke final Piala Dunia 2018:

1. Ini merupakan final pertama Kroasia dalam sepak terjangnya di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, pencapaian terbaik Vatreni adalah peringkat ketiga terbaik di Piala Dunia 1998.

2. Ivan Perisic telah menciptakan gol keempatnya di Piala Dunia. Perisic masih kalah dari legenda Kroasia, Davor Suker dengan enam gol yang dicetaknya di Piala Dunia.

3. Gol ke gawang Inggris merupakan gol perdana Mario Mandzukic di Piala Dunia 2018.

4. Kroasia selalu bisa menang jika tertinggal dari lawan sejak fase gugur Piala Dunia 2018. Sebelumnya, adu penalti atas Denmark dan Rusia di babak 16 besar serta perempat final.

5. Gol ke gawang Inggris merupakan gol keempat Ivan Perisic di Piala Dunia 2018.

Kroasia v Inggris. Foto: Official FIFA

6. Ini untuk kedua kalinya Inggris gagal melaju ke final Piala Dunia. Setelah sebelumnya terjadi di Piala Dunia 1990, ketika itu Inggris disingkirkan Jerman Barat melalui adu tendangan penalti. Inggris hanya ke semifinal sebanyak tiga kali, yakni 1966 (berakhir juara), 1990 (gugur), dan 2018 (gugur).

7. Inggris telah mencetak sembilan gol dari set piece. Lebih banyak di Piala Dunia sejak tahun 1966.

8. Kieran Trippier menjadi pemain kedua Inggris yang mencetak gol melalui tendangan bebas sejak tahun 1966. Sebelumnya, ada nama David Beckham di Piala Dunia 1998 dan 2006.

9. Inggris menjadi tim ke-18 yang unggul di babak pertama namun gagal menang di semifinal Piala Dunia. (*/Bolaskor)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH