9.210 Mahasiswa Baru UGM Mulai ikuti "Ospek" Daring

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 02 Agustus 2021
9.210 Mahasiswa Baru UGM Mulai ikuti
Mahasiswa UGM. (Foto: UGM)

MerahPutih.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menerima 9.210 mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma IV Tahun Akademik 2021/2022. Seluruh mahasiswa baru inipun mengikuti "ospek" daring pada Senin (1/08)

Rektor UGM Panut Mulyono saat memberi ucapan selamat datang daring pada Maba 2021 berharap agar para Gajah Mada Muda (Gamada) terus mengembangkan minat dan bakat, serta meningkatkan potensi diri melalui berbagai kreasi selama mengenyam pendidikan di UGM.

Baca Juga:

Perjuangan Mahasiswa Penyintas COVID-19 Saat Harus Ujian Kenaikan Semester

"Hal ini mendorong dan menantang sivitas UGM semua untuk menorehkan prestasi-prestasi baru yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, di tengah kondisi yang penuh tantangan sekalipun termasuk pandemi Covid-19," kata Panut melalui keterangan pers di Yogyakarta, Senin (1/08).

Upacara pembukaan kegiatan "ospek" daring ini turut dihadiri Mensesneg Pratikno dan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Mensesneg berpesan kepada para Gamada untuk menjadi kontributor terhadap kemajuan bangsa dan problm solver kemanusiaan sejak dini.

Sedangkan Mendikbudristek menyampaikan, mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berkontribusi untuk negeri melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka seperti Pertukaran Mahasiswa, Magang, Kampus Mengajar, Proyek Kemanusiaan, Studi Independen, Riset dan Penelitian, Wirausaha, Membangun Desa, dan Bela Negara.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Djagal Wiseso Marseno menyampaikan pada tahun ajaran akadmeik 2021/2022 UGM menerima sebanyak 9.120 mahasiswa baru yang terdiri dari 7.798 mahasiswa Program Sarjana dan 1.412 mahasiswa Program Diploma IV/Sarjana Terapan.

"Dari jumlah yang diterima terdapat 22,6 persen mahasiswa penerima bantuan KIP K yang dulu merupakan program Bidikmisi," jelasnya.

Ospek online. (Foto: Antara)

100 Mahasiswa Unpad Diterjunkan Bantu Vaksinasi COVID-19, Dapat Nilai Kuliah

Pada Program Sarjana, jumlah lulusan sekolah menengah yang memilih UGM baik sebagai pilihan 1, 2, maupun 3 sejumlah 165.123 orang yang tersebar di 70 program studi. Sedangkan yang memilih Program Diploma IV/Sarjana Terapan pada tahun ini 21.063 untuk 21 program studi.

Pada tahun 2021 ini, selain menerima mahasiswa dari brbagai daerah di tanah air, UGM juga menerima mahasiswa asing dari Iran, Qatar, Uni Emirat Arab dan lain sebaginya. Mereka mengikuti program double degree atau program sarjana. Lalu, mahasiswa termuda yang diterima tahun ini adalah Mutiara Anindyana Hapsari yang diterima di Fakultas Farmasi dengan usia 15 Tahun, 7 Bulan, Dan 22 hari.

Sebelum memulai perkuliahan, para mahasiswa baru UGM ini dijadwalkan mengikuti Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB UGM) 2021 selama 2 pekan mulai 2-14 Agustus 2021. PPSMB kali ini mengusung tema “Ragam Kreasi UGM Pancarkan Pesona Pertiwi”.

Tema tersebut memiliki makna bahwa PPSMB UGM mengajak Gamada untuk berkreasi secara kreatif, inovatif, dan adaptif. Mengangkat potensi yang ada di bumi pertiwi dan mendharmabaktikan kreasi bagi bumi pertiwi berdasarkan nilai-nilai ke-UGM-an. (Teresa Ika/ Yogyakarta)

Baca Juga:

100 Mahasiswa Unpad Diterjunkan Bantu Vaksinasi COVID-19, Dapat Nilai Kuliah

#Ospek #Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) #Kuliah #Mahasiswa #UGM
Bagikan
Bagikan