87 Persen Peserta Kartu Prakerja Baru Pertama Ikut Pelatihan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 17 Februari 2022
87 Persen Peserta Kartu Prakerja Baru Pertama Ikut Pelatihan
Ilustrasi program Kartu Prakerja (ANTARA/HO-dok pri)

MerahPutih.com - Jumlah penerima Program Kartu Prakerja telah mencapai sekitar 11,4 juta orang dari 22 gelombang pendaftaran, sejak dibuka pada 11 April 2020.

Sebanyak 87 persen penerima tersebut belum pernah mengikuti pelatihan sebelumnya, sehingga ikut pelatihan Prakerja menjadi pengalaman pelatihan pertama bagi mereka.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap kepada 11,4 juta alumni Program Kartu Prakerja untuk terus mengasah pengetahuan, mempraktikkan ilmu yang diperoleh, dan menyempurnakan sikap untuk menjadi pekerja atau wirausahawan yang sukses.

Baca Juga:

Pemerintah Buka Program Kartu Prakerja Gelombang 23, Dibutuhkan 500 Peserta

Pemerintah juga punya program KUR bagi UMKM. Salah satu persyaratan pembiayaan UMKM adalah know your customer (KYC).

"Kalau dia mempunyai sertifikasi penambahan keterampilan dan kompetensi dari Kartu Prakerja akan menambah kredibilitasnya,” ucap Airlangga saat konferensi pers Kartu Prakerja 2022 secara virtual, Kamis (17/2).

Berdasarkan pencapaian positif tersebut, pemerintah terus melanjutkan Program Kartu Prakerja pada 2022 ini. Komite Cipta Kerja telah memutuskan pada semester pertama tahun ini bahwa Program Kartu Prakerja masih bersifat semi bansos sama seperti periode sebelumnya.

Baca Juga:

Program Kartu Prakerja Diharapkan Bisa Diadopsi Negara Lain dalam Pertemuan G20

Ia pun mengklaim, selama dua tahun pelaksanaan program Kartu Prakerja sejak 2020 telah memberikan dampak positif dalam mendorong ketahanan dan inklusi keuangan, khususnya untuk masyarakat yang terdampak COVID-19.

Rumah Presisi Indonesia memperlihatkan secara ilmiah bahwa Program Kartu Prakerja berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi, produktivitas, kebekerjaan, kewirausahaan, serta pendapatan para penerimanya. (Asp)

Baca Juga:

Menperin Tegaskan Perpanjang Program Kartu Prakerja hingga 2022

#Prakerja #Kartu Prakerja #Airlangga Hartarto
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan