85,2 Persen Penduduk Bandung Pengguna Internet

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 02 September 2021
 85,2 Persen Penduduk Bandung Pengguna Internet
Internet. (Foto:Pixabay)

MerahPutih.com - Pemkot Bandung menyebut sebanyak 85,2 persen atau 2,1 juta penduduknya adalah pengguna internet. Jumlah penduduk Kota Bandung sendiri sekitar 2,5 juta jiwa. Banyaknya penduduk yang menggunakan internet membuat layanan publik yang dibutuhkan adalah layanan online.

"Jadi otomatis di masyarakatnya ingin mendapatkan pelayanan secara online, cepat, dan tepat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana, pada acara acara penilaian Kemenpan-RB terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara virtual di Balai Kota Bandung, Rabu (1/9).

Baca Juga:

Google Hentikan Cookie, Berbahaya bagi Pengguna Internet

Yayan mengatakan, salah satu yang mendasari penerapan SPBE di Kota Bandung karena sebagian besar penduduk Kota Bandung pengguna internet.

"Jadi pemerintahnya juga harus meningkatkan penggunaan internet dan TIK dalam penggelolaan pemerintahnya," tuturnya.

Pemkot Bandung, kata ia, dituntut terus berinovasi dalam mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik terpadu melalui penerapan SPBE. Terlebih di masa pandemi saat ini, penyesuaian sistem kerja dan kegiatan tatap muka dibatasi.

"Meski dibatasi, penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik dituntut tetap berjalan dengan baik," katanya.

Ia menegaskan, pemberian layanan kepada masyarakat dengan menerapkan SPBE menjadi alternatif pelayanan publik yang perlu dioptimalkan khususnya dalam tatanan normal baru. Beberapa jenis pelayanan tersebut antara lain layanan kependudukan, perizinan, dan perpajakan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan sistem pemerintah berbasis elektronik juga telah membantu pelaksanaan tugas internal pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan keuangan, pengadaan barang dan jasa, kepegawaian dan jaminan akuntabilitas kinerja.

Menurutnya, dengan SPBE, masyarakat Kota Bandung ikut berperan aktif dalam membangun Kota Bandung mulai dari perencanaan kota melalui musrembang elektronik, pengaduan dan aspirasi masyarakat melalui Lapor!.

penilaian Kemenpan-RB terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara virtual di Balai Kota Bandung. (Humas Bandung)
penilaian Kemenpan-RB terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara virtual di Balai Kota Bandung. (Humas Bandung)

"Termasuk sharing ide dan inkubasi melalui forum datathon, serta bergabung di Badami (Bandung Diskusi dan Monitoring Inovasi),” jelasnya.

Yana menyadari penerapan SPBE di Kota Bandung masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karenanya kolaborasi aparat dan masyarakat saat ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas SPBE Kota Bandung

"Kota Bandung membuka seluas-luasnya peluang kolaborasi dan berbagi aplikasi. Karena tidak semua harus kita bangun, namun kita bisa membangun bersama," ajaknya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Efek Terlalu Sering Melakukan 'Self Diagnose' via Internet

#Internet #Kota Bandung #Bandung
Bagikan
Bagikan