828 Calon Penumpang di KAI Daop 3 Cirebon Batal Berangkat

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 28 Juli 2021
828 Calon Penumpang di KAI Daop 3 Cirebon Batal Berangkat
Penumpang akan menaiki KA Argo Cheribon di Stasiun Cirebon, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 3 Cirebon)

MerahPutih.com - Sebanyak 828 calon penumpang kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan bagi pengguna jasa selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Dari tanggal 3-25 Juli 2021 terdapat 828 calon penumpang yang dibatalkan keberangkatannya, karena tidak memenuhi persyaratan," ucap Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Suprapto di Cirebon, Selasa (27/7)

Baca Juga

2.185 Pekerja KAI Daop 3 Cirebon Disuntik Vaksin Tahap Kedua

Suprapto mengatakan pada masa PPKM persyaratan protokol kesehatan ketat yang harus dipenuhi oleh calon penumpang di antaranya surat bebas COVID-19 berupa hasil negatif dari tes PCR berlaku 2x24 jam, atau tes antigen berlaku selama 1x24 jam.

Selain itu juga harus menunjukkan kartu vaksin COVID-19, minimal tahap pertama. Namun dikarenakan adanya persyaratan yang kurang, maka 828 calon penumpang terpaksa dibatalkan untuk tiket perjalanannya.

 Penumpang KAI. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)
Penumpang KAI. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)

"Apabila ada pelanggan yang tidak memenuhi persyaratan protokol kesehatan tersebut, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dengan kereta api," katanya.

Suprapto menuturkan untuk biaya tiket para calon penumpang yang dibatalkan perjalanannya dikembalikan 100 persen.

Selain itu selama pemberlakuan PPKM berlangsung, jumlah penumpang kereta di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon terus menunjukkan tren penurunan, rata-rata jumlahnya dari tanggal 3 sampai 26 Juli 2021 hanya mencapai 250-300 penumpang per hari.

"Sementara jika dibandingkan dengan kondisi normal pada masa pandemi, jumlah penumpang rata-rata mencapai antara 2.500-3.000 penumpang per harinya," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Vaksinasi Massal Polresta Cirebon Menyasar Mahasiswa

#PT KAI Daop 3
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan