800 Personel TNI-Polri Jaga Sidang Vonis Buni Yani Hari Ini Buni Yani (tengah) bersiap mengikuti persidangan dengan agenda pembacaan tuntutan. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

MerahPutih.com – Sebanyak 800 personel kepolisian gabungan dari Polda Jabar dan Polrestabes Bandung serta unsur TNI disiagakan untuk mengantisipasi gelombang massa pendukung Buni Yani. Sidang rencananya digelar hari ini, Selasa (14/11), di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Bandung, Jalan Seram.

Sidang diperkirakan akan dihadiri seribuan simpatisan dalam sidang vonis Buni Yani yang terjerat kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kapolrestabes Bandung Kombes (Pol) Hendro Pandowo mengungkapkan, untuk mengamankan seluruh rangkaian persidangan dari awal sampai selesai, sebanyak 800 personel Polri dan TNI diterjunkan.

“Pola pengamanan diberlakukan seperti biasa. Petugas akan memberlakukan empat ring. Di ring 3, disiagakan personel Sabhara dan Dalmas untuk mengamankan aksi massa yang diperkirakan hadir mengawal persidangan,” jelas Hendro.

Jumlah massa yang bakal menggelar orasi dikatakan Hendro diperkirakan sebanyak 500 orang dari sejumlah organisasi massa (ormas) Islam. Personel juga disiagakan di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata (Riau), masing-masing satu kompi.

Selain itu, ditambahkan Hendro, setiap pengunjung sidang akan diperiksa barang bawaannya. Mereka tidak boleh membawa masuk tas ke dalam ruangan.

"Selain pemeriksaan manual, kami juga menggunakan metal detector," kata Hendro.

Hendro berharap persidangan berjalan lancar tanpa ada insiden yang tak diiinginkan. Karena itu, jumlah pengunjung yang diizinkan memasuki ruang sidang maksimal 100 orang.

"Karena ada pengerahan massa tingkat kerawanan bertambah, maka kami melakukan penambahan personel keamanan dibanding biasanya 300 personel. Ada Dalmas, Sabhara, dan Brimob. Pengamanan juga dilakukan secara tertutup," ujar Kapolrestabes. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Buni Yani Ngaku Harumkan Nama Indonesia Lewat Penelitiannya

Kredit : yugi

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH