8 Ribu Personel Dikerahkan Amankan Laga Indonesia vs Thailand Karoops Polda Metro Jaya Kombes Albert Teddy Sianipar. (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Sekitar 8 ribu aparat gabungan diterjunkan untuk mengamankan laga Thailand vs Indonesia di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Pengamanan ini melibatkan anggota TNI dan Polri.

Karoops Polda Metro Jaya Kombes Albert Teddy Sianipar mengatakan, pengamanan ini akan diperkuat dibanding dengan pengamanan laga Indonesia vs Malaysia lalu.

Baca Juga:

Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand: Adu Ngotot Demi Poin Perdana

"Nanti pengamanan akan diperkuat di wilayah Plaza Barat, Timur, lalu masuk dari TVRI, parkir Senayan dan FX. Kami lakukan pemeriksaan dan penggeledahan," kata Albert di GBK, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Albert melanjutkan, ada 12 pintu dan delapan yang terbuka. "Itu semua diperiksa dan streril. Kami lakukan geledah karena di sekitar ring road ada toko yang menjual makanan dan minuman," ungkap Albert.

Selain itu, bakal ada penggeledahan kepada tas suporter untuk mencegah adanya hal tak diinginkan.

"Kemarin saya sampaikan ada sistem yang kurang terkoordinir. Ada pintu yang terbuka sepuluh pintu. Kami cegah hal kemarin tak terjadi lagi," jelas Albert.

Selain itu, sistem scanning juga dilakukan pada tiket barcode. Penyekatan pun dilakukan dari batas tempat duduk suporter.

"Semua jumlah akan kami tambah. Kami akan lihat. Pokoknya kami minimalisir agar peristiwa kemarin tak terjadi," jelas Albert.

Sampai sekarang, jumlah penonton yang dipastikan hadir sekitar 7 ribuan. Sementara, ada 100 pendukung Thailand yang hadir.

"Kami lakukan penyekatan. Jika ada riak seperti itu kami lakukan persuasif," ungkap dia.

Baca Juga:

Iwan Bule: Saya Siap Mati Demi Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Khusus untuk pemain dan official kedua tim akan ada pengamanan khusus. Baik pengawalan di lokasi maupun menuju hotel dan bandara.

"Termasuk nanti untuk keluar. Kami siapkan pengamanan untuk medis," jelas Albert.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan. (MP/Kanugrahan)
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan. (MP/Kanugrahan)

Di tempat berbeda, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan, polisi akan mengamankan dengan cara yang humanis. "Intinya semua harus satu komando," kata Harry.

Sementara Dandim 0501/ JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana mengatakan, sekitar seribu personel TNI dikerahkan mengamankan laga sepak bola ini.

"Ada seribu personel. Dari Brigif 1, Resimen Arhanud 1, lalu ada dari Korem 051 dan 052," jelas Wahyu.

Pengamanan ini akan ditempatkan di setiap ring mulai dari ring 1 sampai 4. "Kami bareng Polisi," jelas Wahyu.

Menurut Wahyu, pengamanan ini lebih banyak daripada laga Indonesia vs Malaysia kemarin

"Kalau kemarin ada 780 personel. Kami antisipasi kejadian yang kemarin sehingga peristiwa kemarin terulang lagi," jelas Wahyu. (Knu)

Baca Juga:

Menpora Imam Nahrawi: Atas Nama Pemerintah Indonesia Kami Minta Maaf



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH