8 Rekor yang Dicetak Bayern Munchen dalam Final Liga Champions 2020

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 24 Agustus 2020
8 Rekor yang Dicetak Bayern Munchen dalam Final Liga Champions 2020
Bayern Munchen merayakan gelar Liga Champions Eropa 2020. (Twitter)

MerahPutih.com - Bayern Munchen menegaskan diri sebagai raja benua biru setelah raksasa Jerman itu berhasil menghempaskan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor tipis 1-0 saat laga Final Liga Champions 2020 dinihari tadi.

Pada laga final yang berlangsung di Estadio da Luz, Senin (24/8), gol kemenangan Munchen dicetak lewat sundulan Kingsley Coman di babak kedua. Tepatnya tercipta di menit ke-59, ketika Coman meneruskan umpan matang Joshua Kimmich dengan sebuah sundulan yang tak mampu diantisipasi Navas. Gol pemain semata wayang pemain timnas Perancis itu menjadi pahlawan Die Roten untuk membungkam klub kota kelahirannya Paris Saint-Germain.

Baca Juga:

Berkat Pemain Asal Prancis, Bayern Juarai Liga Champions

Kemenangan ini tidak diraih Munchen dengan mudah karena PSG memberikan perlawanan sengit nyaris sepanjang pertandingan. Hanya ketangguhan kiper Manuel Neuer yang mampu menjaga gawangnya tetap perawan dengan sedikitnya melakukan 4 penyelamatan satu lawan satu dengan pemain PSG.

Ketatnya laga ini juga bisa dilihat dari banyaknya kartu yang keluar dari saku wasit. PSG dan Munchen sama-sama menerima empat kartu kuning. Namun, usaha PSG untuk menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil hingga laga usai. Les Parisiens harus mengubur mimpi meraih trofi Liga Champions pertamanya.

 Kingsley Coman melakukan selebrasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang Paris St Germain dalam laga final Liga Champions, di  Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). Pertandingan ini berlangsung tertutup tanpa kehadiran penonton karena masih mewabahanya virus Corona (COVID-19) dan Bayern berhasil keluar sebagai juara Liga Champions setelah menang atas PSG 1 -0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Manu Fernandez/hp.
Kingsley Coman melakukan selebrasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang Paris St Germain dalam laga final Liga Champions, di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu (23/8/2020). (ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Manu Fernandez/hp).

Sebaliknya piala si Kuping Besar yang diraih Die Roten kian menegaskan posisi klub bavaria di jajaran raksasa eropa. Berikut sejumlah fakta yang hanya bisa dicetak Bayern Munchen dalam sejarah perhelatan Liga Champions Eropa:

1. Ini merupakan gelar Liga Champions keenam Bayern Munchen.

2. Trofi Liga Champions melengkapi treble winners Bayern Munchen pada musim 2019-2020. Ini kali kedua raksasa Jerman tersebut melakukannya setelah tahun 2013 silam.

3. Hansi Flick berhasil masuk dalam deretan pelatih yang langsung menjadi Juara Liga Champions dalam debutnya di musim pertama. Eks asisten manajer Timnas Jerman itu memang baru musim ini ditunjuk menjadi pelatih Die Roten.

4. Liga Champions juga merupakan trofi ketiga Hansi Flick usai ditunjuk menangani Munchen pada November 2019. Jika dirata-rata, ia selalu mempersembahkan gelar setiap 12 laga sekali.

5. Bayer Munchen menyapu bersih semua laga Liga Champions dengan kemenangan (11 pertandingan). Hal itu belum pernah dilakukan tim lainnya.

6. Bayern Munchen total tidak terkalahkan dalam 30 pertandingan terakhirnya. Dari jumlah tersebut, 21 di antaranya berakhir dengan kemenangan.

7. Sundulan Kingsley Coman di laga final merupakan gol ke-500 Munchen di ajang Liga Champions. Mereka jadi tim ketiga yang mampu mencapai jumlah tersebut setelah Barcelona (517) dan Real Madrid (567).

8. Manuel Neuer menjadi kiper ketiga yang mengangkat trofi Liga Champions sebagai kapten tim. Dua nama sebelumnya adalah Peter Schmeichel (1999) dan Iker Casillas (2014). (Bolaskor.com)

Baca Juga:

Simak 7 Fakta PSG v Bayern Munchen

Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan