8 Pemain Jepang yang Berkarier di Jerman Timnas Jepang (Twitter)

MerahPutih.com - Jepang akan melawan Jerman pada laga perdana Grup E di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11) malam, pukul 20.00 WIB.

Kemenangan bersejarah Arab Saudi atas Argentina (2-1) bisa jadi motivasi tersendiri bagi Jepang sebagai sesama negara Asia di Piala Dunia 2022.

Seperti halnya Argentina, Jerman juga negara besar sepak bola dan punya status unggulan juara Piala Dunia 2022, meski faktanya mereka pada 2018 silam terpuruk dan kandas di fase grup kendati berstatus juara bertahan.

Baca Juga:

Prediksi Jerman vs Jepang

Dalam kurun waktu empat tahun segalanya dapat berubah dan begitu juga Jerman. Jepang selayaknya waspada, tetapi tim arahan Hajime Moriyasu bisa mendapatkan informasi dari pemain yang jadi "mata-mata" di dalam skuadnya.

Delapan pemain dari 26 pemain yang dibawa Moriyasu ke Qatar berkarier di Jerman. Itu selayaknya diwaspadai Jerman, bahkan pelatih Jerman, Hansi Flick, mengakui dirinya sebagai fans sepak bola Jepang karena tertarik melihat pemain Jepang yang berkarier di Jerman.

"Saya harus menunjukkan diri saya sebagai penggemar sepak bola Jepang. Mereka benar-benar melakukannya dengan baik," ujar Flick, seperti dikutip Bolaskor.com.

"Kami melihat kualitas yang mereka miliki di Bundesliga dengan (Daichi) Kamada dari Eintracht Frankfurt memainkan musim yang hebat atau (Wataru) Endo, yang merupakan salah satu gelandang terbaik di Bundesliga."

Baca Juga:

Tim Jerman di Piala Dunia Qatar, Kepahlawanan Mario Gotze Kembali Ditunggu

Siapa saja kedelapan pemain tersebut?

1. Ko Itakura

Bek yang dapat bermain sebagai gelandang bertahan. Ko Itakura (25 tahun) saat ini membela Borussia Monchengladbach dan mengawali karier di Kawasaki Frontale. Dengan talentanya ia berkembang.

Itakura bahkan pernah membela Manchester City, Groningen, Schalke, sebelum pergi permanen ke Gladbach pada 2022. Itakura sudah punya 13 caps dan satu gol dengan Jepang.

2. Maya Yoshida

Kapten timnas Jepang berusia 34 tahun. Maya Yoshida baru menjalani musim debutnya di Bundesliga dengan Schalke, setelah sebelumnya memperkuat Nagoya Grampus, Venlo, Southampton, dan Sampdoria.

Yoshida kaya pengalaman merumput di Eropa di lima liga top Eropa dan pengalamannya itu akan jadi kekuatan berharga di pertahanan Jepang. Yoshida punya 122 caps dan 12 gol dengan Jepang.

3. Hiroki Ito

Satu lagi pemain serba bisa dalam skuad terkini Jepang. Baru berusia 23 tahun, Hiroki Ito dapat bermain sebagai bek tengah atau kiri dan juga baru menjalani musim pertama di Jerman bersama Stuttgart.

Ito jebolan akademi Jubilo Iwata yang kemudian dipinjamkan ke Nagoya Grampus, Stuttgart, sebelum klub mempermanenkan kontraknya hingga 2025. Belum punya banyak pengalaman di timnas Jepang karena baru memulai debut Juni lalu.

4. Wataru Endo

Seperti yang dikatakan Flick, Wataru Endo salah satu gelandang top di Bundesliga dan bahkan menjadi kapten di Stuttgart. Dia berposisi sebagai gelandang bertahan dengan kemampuan mengatur ritme bermain.

Endo (29 tahun) sudah membela Stuttgart sejak 2020 setelah sebelumnya bermain di Shonan Bellmare, Urawa Red Diamonds, dan Sint-Truiden. Endo sudah memiliki 43 caps dan dua gol dengan Jerman.

5. Ritsu Doan

Satu nama lainnya berposisi sebagai winger atau penyerang sayap, yakni Ritsu Doan. Pemain berumur 24 tahun membela SC Freiburg pasca pindah dari PSV Eindhoven pada musim panas 2022. Ia juga sempat dipinjamkan ke Arminia Bielefeld.

Sebelum dengan Freiburg, Doan membela Gamba Osaka, Groningen, PSV, dan Bielefeld. Dengan Jepang Doan sudah punya 29 caps dan menorehkan tiga gol.

6. Daichi Kamada

Menjuarai Liga Europa dengan Eintracht Frankfurt, klub yang sudah dibelanya sejak 2017 pasca memperkuat Sagan Tosu dan J. League U-22. Daichi Kamada juga sempat menambah pengalaman bermain di klub Belgia, Sint-Truiden, sebagai pemain pinjaman.

Pada posisi gelandang serang atau penyerang karena ia bisa bermain di kedua posisi itu, Kamada memberikan kreativitas permainan dan tipikal gelandang serang modern yang rajin mencari ruang atau bermain melebar. Kamada berusia 26 tahun dan punya enam gol dari 22 caps bersama Jepang.

7. Ao Tanaka

Namanya tidak terlalu populer dibanding nama lainnya dan dapat dimaklumi, sebab Ao Tanaka (24 tahun) bermain di 2. Bundesliga atau kasta kedua sepak bola Jerman bersama Fortuna Dusseldorf. Fortuna mempermanenkan kontraknya setelah meminjamnya dari Kawasaki Frontale.

Kendati bermain di 2. Bundesliga, Tanaka tidak lepas dari pengamatan staf kepelatihan Moriyasu dan membawanya ke Piala Dunia 2022. Posisi bermain Tanaka adalah gelandang.

8. Takuma Asano

Fans Arsenal tidak asing dengan nama yang satu ini. Takuma Asano (28 tahun) memang pernah membela The Gunners pada medio 2016-2019, namun ia belum sekali pun bermain dengan mereka dan ia dipinjamkan ke Stuttgart dan Hannover.

Eks pemain Sanfrecce Hiroshima sempat berkarier di Serbia dengan Partizan Belgrade sebelum ke Bochum pada 2021. Berposisi sebagai penyerang, pengalaman Asano menghadapi bek-bek Bundesliga akan berharga untuk Jepang. (*/Bolaskor.com)

Baca Juga:

Kejutan Piala Dunia Qatar 2022: Argentina Keok 1-2 dari Arab Saudi di Laga Perdana

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Prediksi AC Milan Vs Chelsea
Olahraga
Prediksi AC Milan Vs Chelsea

Pada matchday ketiga pekan lalu, Milan harus menyerah 0-3 saat bertandang markas The Blues.

Debut Manis Apriyani/Fadia di SEA Games 2021
Olahraga
Debut Manis Apriyani/Fadia di SEA Games 2021

Dalam pertandingan yang berlangsung di Bac Giang, Vietnam, Minggu (22/5), Apriyani/Fadia menang dua gim langsung 21-17 dan 21-14 atas Benyapa/Nuntakarn.

Tim Bulu Tangkis Pastikan Boyong Emas dan Perak di Ganda Putra
Olahraga
Tim Bulu Tangkis Pastikan Boyong Emas dan Perak di Ganda Putra

Indonesia memastikan akan mendapat medali emas dan perak dari cabang olahraga bulu tangkis nomor Men's Doubles atau ganda putra. Itu setelah dua ganda putra Indonesia lolos ke final. Pasangan Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin mengalahkan ganda putra tuan rumah Vietnam 22-20, 21-16 di semifinal yang berlangsung di Bac Giang Gymnasium, Sabtu (21/5).

Indonesia Masters 2022 Jadi Ajang Perpisahan Greysia Polii
Olahraga
Indonesia Masters 2022 Jadi Ajang Perpisahan Greysia Polii

Satu pebulu tangkis putri Indonesia akan segera gantung raket alias pensiun.

Jadwal MotoGP Argentina 2022 Berubah, Ini Alasannya
Olahraga
Jadwal MotoGP Argentina 2022 Berubah, Ini Alasannya

Jadwal MotoGP Argentina 2022 dibatalkan. Penyebabnya adalah adanya masalah logistik yang belum selesai.

Tensi Panas Atletico vs Manchester City Berlanjut di Lorong Stadion
Olahraga
Tensi Panas Atletico vs Manchester City Berlanjut di Lorong Stadion

Selepas laga, keributan berlanjut di terowongan stadion. Jack Grealish dan Savic tertangkap kamera nyaris berkelahi.

Trent Alexander-Arnold Jadi Dilema Inggris Jelang Piala Dunia Qatar
Olahraga
Trent Alexander-Arnold Jadi Dilema Inggris Jelang Piala Dunia Qatar

Trent Alexander-Arnold menjadi salah satu pemain yang berpeluang besar masuk skuad Inggris di Piala Dunia 2022.

BMKG Prediksi Hujan Ringan Saat Tes Pramusim MotoGP Mandalika
Olahraga
BMKG Prediksi Hujan Ringan Saat Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Selama tiga hari ke depan cuaca Mandalika pada umumnya cerah berawan-hujan ringan hingga sedang

Torch Relay ASEAN Para Games 2022 di Solo Diundur Pekan Depan
Olahraga
Torch Relay ASEAN Para Games 2022 di Solo Diundur Pekan Depan

Panpel ASEAN Para Games (APG) 2022 merubah jadwal torch relay atau estafet obor abadi Mrapen yang sedianya diadakan pada Minggu (17/7), ditunda hingga pekan depan

Atjong Tio dari Cabor Atletik Bawa Pulang Medali Perunggu ke Tanah Air
Olahraga
Atjong Tio dari Cabor Atletik Bawa Pulang Medali Perunggu ke Tanah Air

Atjong Tio Purwanto menambah koleksi medali kontingen atletik Indonesia pada SEA Games 2021. Ketenangan menjadi kunci kesuksesan mengamankan perunggu. Dalam perlombaan di Stadion Nasional My Dinh, Senin (16/5), Atjong turun di nomor 3000 meter halang rintang putra. Ini merupakan nomor andalannya.