Relationship
8 Motivasi Kunci Seseorang Berselingkuh Ada banyak motivasi seseorang berselingkuh. (foto: unsplash)

SELINGKUH. Itulah pelanggaran paling fatal dalam hubungan percintaan. Meski menjadi salah satu penyebab hancurnya suatu hubungan, selingkuh tidak diciptakan sama. Beberapa dari hubungan perselingkuhan merupakan pertemanan singkat, yang lainnya merupakan hubungan jangka panjang. Perselingkuhan juga tidak selalu berakhir putus. Untuk memahami bagaimana hasil yang berbeda ini terjadi, kamu harus kembali ke awal. Apa yang awalnya menyebabkan pasangan tidak setia?

Dalam upaya mencari jawaban, penyebab paling umum ialah apa yang hilang dari hubungan tersebut. Biasanya kamu langsung mengaitkan dengan kebutuhan akan hubungan seksual. Namun, tidak sesederhana itu. Faktanya, penelitian yang baru-baru ini diterbitkan Dylan Selterman, Justin Garcia, dan Irene Tsapelas menyebut hanya setengah dari para pelaku selingkuh yang melaporkan melakukan hubungan seksual. Memang, seks menjadi bagian dari perselingkuhan. Lantas, jika selingkuh tidak sepenuhnya tentang seks, apa yang memotivasi seseorang untuk tidak setia?

BACA JUGA:

Nolep, Sudah Jomlo Temannya Sedikit Pula

Ada Banyak Motivasi untuk Selingkuh

selingkuh
Ada delapan motivasi utama selingkuh, dan kebanyakan tidak melibatkan seks.(123RF/lightfieldstudios)

Banyak sekali alasannya. Studi yang sama mengambil sampel 495 individu yang mengaku selingkuh dalam hubungan mereka. Untuk memahami tindakan mereka, peneliti memberi mereka 77 item yang semuanya pada dasarnya bertanya: mengapa kamu melakukannya?

Analisis tersebut mengungkapkan delapan motivasi utama, yang sebagian besar tidak melibatkan seks sama sekali. Misalnya, banyak yang mengatakan mereka berselingkuh karena amarah, kurangnya cinta, komitmen rendah, harga diri, situasi, dan pengabaian. Yang penting, alasan mengapa mereka selingkuh tidak hanya memengaruhi perselingkuhan mereka tetapi juga hubungan utama mereka.

1. Motivasi Kemarahan

Deskripsi: "Pasangan utama saya tidak setia kepada saya," atau "Sebelum perselingkuhan saya, pasangan utama saya dan saya bertengkar dan membuat saya ingin membalas dendam."

2. Motivasi Ingin Dihargai

Deskripsi: "Saya ingin merasa lebih baik tentang diri saya sendiri," atau "Saya ingin menegaskan kemerdekaan dan otonomi saya."

3. Motivasi Kurangnya Cinta

Deskripsi: "Saya tidak yakin apakah saya benar-benar mencintai pasangan utama saya," atau "Saya tidak yakin apakah pasangan utama saya adalah orang yang tepat untuk saya."

4. Motivasi Komitmen yang Rendah

Deskripsi: "Saya tidak terlalu berkomitmen untuk pasangan utama saya," atau "Meskipun kami resmi menjalin hubungan secara teknis kami berada dalam hubungan terbuka."

selingkuh
Banyak orang selingkuh karena marah, kurangnya cinta atau tidak ada komitmen. (123RF/nd3000)

5. Motivasi Perlu Variasi

Deskripsi: "Saya menginginkan variasi yang lebih banyak dari pasangan."

6. Motivasi Merasakan Pengabaian

Deskripsi: "Saya merasa diabaikan oleh pasangan utama saya," atau "Pasangan utama saya tidak ada ikatan emosional."

7. Motivasi Pemenuhan Hasrat Seksual

Deskripsi: "Pasangan utama saya telah kehilangan minat pada seks," atau "Pasangan utama saya menolak untuk melakukan tindakan tertentu saat berhubungan seks yang biasanya saya nikmati."

8. Motivasi Akibat Situasi

"Saya mabuk/hilang kesadaran dan saya tidak berpikir jernih.""Saya kewalahan secara emosional karena tekanan eksternal (misalnya, sekolah, pekerjaan, masalah keluarga) dan tidak berpikir jernih."

Motivasi untuk selingkuh memengaruhi lamanya perselingkuhan. Ketika orang berselingkuh karena marah, kurang cinta, atau variasi, perselingkuhan mereka lebih lama, sementara mereka yang termotivasi oleh situasi memiliki perselingkuhan yang lebih pendek. Perempuan juga rata-rata berselingkuh lebih lama daripada pria. Perselingkuhan juga lebih lama dan lebih memuaskan secara emosional ketika peserta merasa lebih dekat dengan pasangan selingkuhannya.

Kamu Ingin Ketahuan Selingkuh?

selingkuh
Tidak semua orang merahasiakan perselingkuhannya, ada yang ingin ketahuan.(123RF/tomwang)

Biasanya, perselingkuhan dianggap sebagai usaha klandestin, yang keberhasilannya bergantung pada tidak ditemukannya kecurangan. Namun, beberapa peselingkuh tidak berhati-hati seperti yang lain, mungkin malah sengaja ingin ketahuan. Mereka yang berselingkuh karena kurangnya cinta melakukan lebih banyak kencan publik seperti pergi makan malam atau menonton film. Berciuman di depan umum dan pertunjukan kasih sayang di depan umum lebih umum terjadi pada mereka yang dimotivasi oleh kurangnya cinta, ingin meningkatkan harga diri mereka sendiri, dan mereka yang mencari lebih banyak variasi.

Mereka memperlakukan perselingkuhannya bukan sebagai rahasia. Jelas, orang-orang ini tidak terlalu khawatir tentang ketahuan dan bahkan mungkin ingin ketahuan. Artinya, perselingkuhannya adalah strategi keluar dari suatu hubungan. Dalam setiap kasus, para peselingkuh situasional cenderung tidak berselingkuh di tempat terbuka, mungkin karena mereka tidak punya rencana untuk mengakhiri hubungan utama mereka.

Bagi kamu yang jadi selingkuhan, perlu dicatat: Perselingkuhan jarang menghasilkan hubungan serius. Hanya satu dari 10 perselingkuhan yang akhirnya berubah menjadi hubungan berkomitmen penuh. Lebih umum, orang hanya bertemu selingkuhannya itu sesekali. Mereka yang berselingkuh karena alasan situasional, atau karena alasan keragaman, cenderung tidak mengalami transisi ke hubungan yang serius dan lebih cenderung melihat pasangan selingkuh mereka sesekali.

selingkuh
Perempuan berselingkuh lebih lama daripada laki-laki. (123RF/dolgachov)

Namun di sisi lain, untuk hubungan utama, secara mengejutkan hanya 1 dari 5 atau 20,4% yang berakhir karena perselingkuhan. Jumlah yang hampir sama (21,8 persen) tetap bersama meskipun pasangan mereka mengetahuinya, sementara sedikit lebih banyak, yaitu 28,3 persen, tetap bersama dengan pasangan mereka tidak pernah menemukan perselingkuhan. Hubungan yang tersisa putus karena alasan non-selingkuh.

Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa menyontek tidak sesederhana mencari seks. Secara khusus, tampaknya ada dua motivator utama untuk selingkuh: situasi dan hubungan yang rusak (yaitu, kurangnya cinta). Motivasi kedua mengarah ke perselingkuhan yang lebih serius. Temuan ini menunjukkan, pentingnya memperkuat hubungan emosional hubunganmu. Itu tidak hanya akan meniadakan motivasi utama untuk perselingkuhan, tetapi juga membantu kamu memiliki hubungan yang lebih memuaskan dan berkomitmen.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cegah Hipertensi dengan Gaya Hidup Sehat
Fun
Cegah Hipertensi dengan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat mencangkup pembatasan konsumsi garam yakni tak melebihi ...

Drama Korea 'Miss Independent Jieun 2' Mengajarkan Kita untuk Jadi Mandiri
ShowBiz
Drama Korea 'Miss Independent Jieun 2' Mengajarkan Kita untuk Jadi Mandiri

Belajar untuk menjadi pribadi mandiri dari mana saja, termasuk dari film atau serial drama.

Sudah Remaja lalu Gigi Tanggal, Apa Bisa Tumbuh Lagi?
Fun
Sudah Remaja lalu Gigi Tanggal, Apa Bisa Tumbuh Lagi?

Kebiasaan sehari-hari ternyata dapat memicu gigi copot, seperti membuka tutup botol.

Ada yang Harus Diperhatikan Mengemudi Kala Berpuasa
Fun
Ada yang Harus Diperhatikan Mengemudi Kala Berpuasa

Perhatikan waktu istirahat dan lama mengemudi.

tvN Bagikan Foto Pembacaan Naskah Drama 'Vincenzo'
Fun
tvN Bagikan Foto Pembacaan Naskah Drama 'Vincenzo'

Terlihat beberapa artis yang akan terlibat dalam drama tersebut.

'Solaris: Offworld Combat' Hadir di PlayStation VR pada 2021
Fun
'Solaris: Offworld Combat' Hadir di PlayStation VR pada 2021

Solaris: Offworld Combat adalah game first-person shooter berbasis VR.

Pandemi Tidak Pengaruhi Peringkat Negara Paling Bahagia di Dunia
Fun
Pandemi Tidak Pengaruhi Peringkat Negara Paling Bahagia di Dunia

Tidak ada perubahan di posisi teratas dalam hal peringkat negara paling bahagia di dunia.

Musisi Negeri Aing Gegayaan dengan Kacamatanya
Fun
Musisi Negeri Aing Gegayaan dengan Kacamatanya

Sejumlah musisi ini boleh dibilang tidak pernah melepas kacamatanya.

Asyikin Aja saat Ngantuk setelah Makan Siang
Hiburan & Gaya Hidup
Asyikin Aja saat Ngantuk setelah Makan Siang

Jangan berusaha terlalu keras membuka mata.

Intip Kemampuan dari Yoru, Agen Ke-14 Di Game 'Valorant'
Fun
Intip Kemampuan dari Yoru, Agen Ke-14 Di Game 'Valorant'

Sang agen memiliki kemampuan yang amat keren.